Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Minggu, 14 Desember 2014

Perajin Perak Kota Gedhe Jogjakarta

 tukang perak
Kota wisata Jogjakarta akhir-akhir ini menjadi salah satu pusat Batu Mulia di Indonesia. Mulai dari tahun 2013 dengan adanya Pameran Batu Mulia terbesar pertama se-Indonesia, IGLO EXPO 2013 yang berhasil mengumpulkan para pecinta batu mulia se-antero Negara Indonesia mulai dari Aceh Sampai Sulawesi. Ternyata acara itu menjadi tonggak bergairahnya pasar batu di seluruh Indonesia. Kini, beberapa kota besar di Indonesia mengikuti jejak IGLO EXPO dengan maraknya pameran batu mulia di berbagia wilayah Indonesia. Dukungan terhadap perkembangan dunia Batu Mulia Jogjakarta tidak lain karena didukung oleh beberapa faktor, salah satunya adalah adanya pusat pembuatan ikat perak atau Pusat Kerajinan Perak di kota Jogja.
perajin perak
Pusat kerajinan perak itu berada di pojok timur Kota Jogja. Disitu terdapat salah satu daerah yang khas, seperti sebuah kota tua, terkenal dengan sebutannya "Kota Gedhe". Disinilah awal berdiri kerajaan Mataram oleh Panembahan Senopati. Kota Gedhe dari awal sudah terkenal dengan kerajinan peraknya. Begitu anda masuk ke wilayah ini, mata anda akan disuguhi pemandangan toko2 besar dan kecil yang menawarkan Kerajinan Perak. Banyak penduduk Kota Gedhe berprofesi sebagai pengrajin perak, atau lebih akrapnya disebut dengan "Tukang Perak". Keahlian para pengarajin perak di Kota Gedhe sudah mendarah daging. Bakat seni orang-orang Kota Gedhe membuat hasil kerajinan perak dari daerah ini begitu artistik.
iket perak handmade
Di sini jarang ditemukan "ikat perak cor" atau "casting". Ikat perak Kota Gedhe kebanyakan dibuat dengan tempa satu persatu. Membuat iket perak pesanan secara handmade tidaklah simple dan mudah, perlu ketekunan, kesabaran, dan waktu yang cukup lama. Keahlian juga perlu dilatih dalam waktu yang lama untuk menghasilkan karya kerajinan perak yang bagus. Campuran perak juga sangat diperhatikan sehingga membuat hasil kerajinan menjadi kuat dan berkilau bagus. Standar campuran perak Kota Gedhe adalah 925 atau internasionalnya disebut dengan istilah "sterling silver".
iket perak pesanan
Bila ingin pergi ke Kota Gedhe untuk mengikat batu mulia kesayangan anda, tinggal tanya tukang becak atau orang lokal jogja mereka dengan senang hati akan menunjukan arah ke Kota Gedhe. Datang dan cari toko-toko perak di daerah ini, kebanyakan mereka menerima pesanan pembuatan ikat perak. Atau setelah sampai di daerah ini, langsung saja masuk ke kampung-kampung, tanya tukang perak terdekat. Biasanya kalau kita langsung datang ke tukang harga bisa lebih murah diabanding bandrol harga iket perak di toko. Harga ikat perak pesanan relatif lebih mahal dari ikat perak cetakan. Namun kwalitas dan kenyaman saat dipakai jauh lebih bagus.

2 komentar:

  1. Jozz artikelnya masbroowww...

    BalasHapus
  2. Inilah Indonesia kita, beragam budaya dan seninya, majulah Bangsaku - majulah Negeriku!

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...