Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Senin, 06 Februari 2012

Identifikasi Batu Mulia, cara membedakan batu asli atau batu sintetis

Natural Yellow Scapolite
Kemilau Batu Mulia sanggup membutakan akal sehat setiap penggemar atau kolektor batu mulia. Zaman makin canggih dan juga dipenuhi orang-orang yang semakin pandai dalam membuat sesuatu. Batu-batu Mulia sintetis atau buatan dengan kwalitas mantap beredar banyak sekali di pasaran. Secara fisik, dengan telanjang mata bahkan perbesaran 36x tidak mungkin membedakan antara batu sintetis dan batu asli. Sudah banyak para kolekstor dan pecinta batu yang tertipu gemerlap batu palsu. Oleh karena itu, kejelian dalam memilih batu mulia menjadi hal pokok yang harus diperhatikan oleh para kolekstor batu.
Hasil cek lab. GRI Batu Tapak Jalak
Masih banyak orang yang mengandalkan serat batu sebagai patokan keaslian, tapi sekarang serat batu pun berhasil ditiru. Ada juga yang dengan ngototnya berkata kalau batu asli dikasih setetes air pasti airnya tidak jatuh atau ambyar di permukaan batu. Banyak juga orang-orang yang percaya pada pedagang batu, mungkin karena sudah langganan. Padahal sebenarnya pedagang batu bukanlah ahli batu. Pembuktian seperti ini sudah kuno dan kadaluarsa!!
batu sintetis
Hasil Cek Batu Sintetis Cubic Zirkonia
Saat ini satu-satunya cara untuk membuktikan keaslian batu adalah dengan memasukan batu mulia anda ke laboratorium batu mulia. Disini batu anda akan diidentifikasi oleh ahli batu yang sesungguhnya lulusan beberapa sekolah Gemology terkemuka didunia. Para profesional itu disebut sebagai Gemologist. Tapi jangan asal percaya pada laboratorium batu dan gemologist yang belum punya nama. Nama dan kepercayaan pelanggan adalah sebuah hal yang penting. Hasil tes laboratorium Batu Mulia ternama mungkin saat ini cukup untuk dijadikan dasar keaslian batu.
batu sintetis
Hasil cek Batu Safir Sintetis
Laboratorium Batu Mulia dengan para Gemologist professional yang berdedikasi dan anti sogok saat ini sangat dibutuhkan. Kadang beberapa pedagang nakal akan mencoba untuk menggangu independensi para gemologist dengan iming-iming uang yang tidak sedikit. "The REAL GEMOLOGIST" akan berkata yang sebenarnya, apabila batu itu palsu maka akan tertulis sintetic atau nama jenis batu buatan seperti cubic zirkonia, king sapphire, etc pada hasil cek.

277 komentar:

  1. Bagus ya batu2nya, unik dan menarik.

    BalasHapus
  2. Trimakasih, saya tunggu kunjungan berikutnya

    BalasHapus
  3. alamat laboratorium untuk pengecekan batu mulia dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada GRI LAB di Jl. Batu ceper, dekat Harmoni Jl. Gajah Mada, tempat pak Nugroho Alamat Bapak Nugroho Gemologist
      Trip Komplek Pegadaian
      Jl. Dukuh V, no. 13, Rt 006/05, Kp. Dukuh, Kramat Jati
      Jakarta Timur 13550
      Telp: 081357575710 / 085330330333

      Hapus
    2. Pak Galih, saya mau tanya alamat GRI LAb ada yg di jakarta selatan...? terima kasih...

      Hapus
  4. sy punya batu mulia, warna Biru Tua, tetapi belum teridentifikasi...jenisnya apa.
    sy tidak mengerti batu, setelah lihat2 kayak "King Safir".
    h: 081328760707

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batu yang kurang jelas identitasnya bisa di cek di lab. bisa ke Pegadaian lab jakarta atau GRI, di sekitaran Jl. Gajah mada Jakarta

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Alamat Lab? silahkan datang ke Pegadaian
    Jln. Kramat Raya No. 162 Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang pak Galih, kalo batu bacan apa bisa disertifikasi? Sifat/bahasan batu bacan gimana ya? Mohon pencerahanya. Makasih

      Hapus
  6. Apakah bisa dilakukan check keaslian batu dg alat portable, seperti alat tes kekerasan batu misalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek kekerasan batu tidak bisa membuktikan keaslian, contohnya aja coba cek cubic zirconia atau merah siam dengan alat itu, pasti kekerasanya melebihi beberapa batu mulia natural

      Hapus
  7. wahh itu juga ngak menjamin untuk keaslian nya.. krn pada saat ini juga bisa dibayar.
    so apakah ada caza yg lebih bagus untuk membedakannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk para Gemologist kelas GRI, Pak Nugroho, BIG Lab saya kira sulit untuk "dibayar" coba aja, mereka masih kompetent terikat dengan kode etik

      Hapus
    2. Jam operasional lab nya dari jam berapa sampai jam berapa?? Untuk pembuatan memo biayanya berapa, sedangkan untuk sertifikat biayanya berapa?? Thanks utk jawabannya

      Hapus
    3. Terimakasih sudah berkunjung pak Faruk, Jam operasional untuk semua lab mulai dari jam 9 sampai jam 4 sore. Memo tergantung labnya, GRI minimal 100rb, BIG Lab sekitar 200rb, NU Lab pak Nugroho mulai 35rb. Sertifikat kebanyakan mulai 250rb

      Hapus
  8. Terima kasih atas infonya.

    boleh minta info untuk nama-nama batu permata versi sintetisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sintetis atau batu buatan lab biasanya biasanya mempunyai nama nama pasaran "king" seperti King Safir, King Topaz, atau King Amethyst. Merah Siam adalah batu sintetis untuk Ruby. Cubic Zirkonia adalah batu buatan untuk mengganti batu Safir atau Intan. Batu Chatam juga adlah sintetis batu buatan biasanya untuk mengganti batu Zamrud, sebutanya zamrud chatam. Ada juga chatam yang berwarna biru sperti batu safir, sebutanya safir chatam. Sebenarnya masih banyak lagi batu2 sintetis kwalitas bagus yang ada di pasaran batu Indonesia.

      Hapus
  9. blog yang bagus mas,terimakasih pencerahannya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Boss. silahkan berkunjung selalu

      Hapus
    2. Cari loupe di bekasi ada ga ya.. Tlg dong pencerahannya.. Thx

      Hapus
    3. Bekasi saya kurang tahu, mendingan langsung aja ke Rawabening, disana lebih lengkap dan komplit

      Hapus
  10. Kl tanpa memo cuma cek keaslian ongkosnya kr2 brp bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja Boss, kalau cek asli atau tidak tetap dikasih memo dan bayar sesuai harga cek batu

      Hapus
  11. mantabbb nih boss,,biar banyak yg gak ketipu....karna orang" kita kan gampang tertipu& tergiur...

    BalasHapus
  12. Pada koment trdahulu Mas Galih bilang kalau merah siam adalah sintetis dr ruby. Brarti utk semua jenis merah siam itu bukan natural stone Mas Galih ?, kalau iya bukan ... wah saya ada dua ni, palsu semua dong ... satu merah siam biasa ( dgn warna merah lbh tua ), satunya lg merah siam rose ... Haaaahh kaciaaan deh aku ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya balas komen bapak yang di postingan "Sekedar berbagi Foto Cincin Batu Mulia Ruby Corundum"
      untuk lebih pastinya cek lab aja pak

      Hapus
  13. mas.. batu king sapphire semuanya sintetis ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ada King di depannya itu saya pastikan batu sintetis / Buatan Lab.

      Hapus
  14. Mas klo mau beli batu rubi merah yang asli dimana ya, n klo bleh tau harganya kisaran brapa..?? Saya tanya dulu takut ketipu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli saja di toko saya batumuliacrystal.com he he..saya garansi asli, plus kalau mau tambah biaya nanti saya kasih sertifikat atau memo keaslian batu dari beberapa laboratorium ternama. terimakasih

      Hapus
  15. Ada info lab d daerah malang jatim mas? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk malang sy kurang tahu, mungkin ke Surabaya saja yang paling dekat. berikut
      KGL (Kian's Gemological Laboratory)
      Jl. Kunir No.6 , Surabaya 60175
      Phone : +6231 353 1570

      Hapus
  16. Blog yg bagus ni gan... Salam jabat tali silaturahmi gan...
    Gan mao nanya nih..! Gmna cara membdakn batu bacan asli ma sintetis? Nb gan...hehehe. Saya punya mustika kelapa.. Cara mengetahui keasliannya gmna gan? Mohon pencerahan. Mksih bnyak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya,untuk membedakan bacan asli dan palsu saya kurang bisa memberikan petunjuk, karena harus dari pengalaman melihat langsung fisik batu bacan yang asli secara pribadi dulu. Yang pasti Bacan mempunyai serat khas. Untuk lebih amannya cek lab. untuk dibuatkan memo atau sertifikat pasti lebih valid. Bikin memo biaya murah dibawah 100rb, tentunya harga bacan yang ratusan ribu tidak akan menjadi masalah kalau cek keasliannya di lab batu. Sebelum membeli buatlah perjanjian dengan pedagang, kalau ternyata hasil cek bukan natural chrysocolla chalcedony (bacan) batu bisa dikembalikan

      Hapus
    2. Mustika kelapa juga banyak yang di bawa ke lab. nama ilmiah mustika kelapa adalah "Natural Coconut Conch" cek lab bikin memo di pak Nugroho Jakarta murah kok, dibawah 100rb

      Hapus
  17. Ok mas galih.... Terimaksih atas infonya...
    Moga tmbh maju n sukses buat agan galih...
    Kapan" ane maen ke tokonya.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas, silahkan berkunjung kapan aja..saya dirumah sendiri kok

      Hapus
  18. Kang, saya mau tanya ni. Kalo batu sudah diikat,apakah masih bisa dicek keaslian di lab tanpa melepas ikatannya?? matur tengkyu sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini kalau mau cek lab. batu harus dilepas dari iketannya untuk memaksimalkan hasil cek.. terimakasih sudah bekunjung di blog sederhana ini, saya tunggu kunjungan selanjutnya

      Hapus
    2. Bang galih apakan ruby birma corondum dapat di warna atau tidak?
      atau di pres lagi.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mas tampilan blog batumuliacrystal.com
    Begronnya terlalu gelap, apalagi ol via hp. Sampek ga' keliatan gambarnya,.
    Kalo' bisa diganti lebih terang mas,.
    Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha, terimakasih masukannya, yang batumuliacrystal.com memang tidak saya desain untuk mobile view..soalnya disitu saya tekankan pada foto agar bisa dilihat jelas dengan komputer atau latop. Saya jg baru belajar, bikin situs, belum ketemu caranya supaya dilihat pakai hp tetap bagus..

      Hapus
  21. asalamualaikum,,, wah sangat bermanfaat bgt ni, bisa untuk menambah wawasan jg, aku mau tanya bos, kalo batu putih susu didalamnya ada airnya, itu jenis batu apa y bos. mohon penjalasanya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum salam..batu putih susu ada airnya biasanya masuk batu calcedony agate yang ada rongga didalam, kadang ada air kadang juga kosong..untuk pastinya saya harus lihat sendiri batunya

      Hapus
  22. bagus banget mas,blognya sukses always pkpke lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Eko, saya tunggu kunjungan berikutnya

      Hapus
  23. numpang nanya,mas...kalau nge-cek-an di seputaran Jogja dimana ya? maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lho mas, kan saya sudah tulis tentang cek lab batu di jogja, berikut link nya http://javagemstone.blogspot.com/2013/02/serifikasi-dan-cek-keaslian-batumulia.html

      Hapus
  24. salam kenal dari saya:
    saya mau tanya beberapa pertanyaan simpel:
    ciri ciri batu asli atau sintetic............?
    trus tanpa harus masuk lab........?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ingin bisa membedakan batu asli atau palsu tanpa masuk lab. harus punya pengalaman dulu melihat batu aslinya. Kalau cuma diomongin tetang serat batu, untuk saat ini banyak batu palsu yang mempunyai serat.

      Hapus
  25. sangat bermanfaat bagi saya...terimakasih atas keterangan

    BalasHapus
  26. mas galih saya mau nanya , saya punya batu, kata orang si merah ruby, warnanya merah ke pink pingan,
    apa bner ituh merah ruby?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya tidak lihat sendiri sulit untuk memastikan, bisa juga itu ruby, atau malah pink sapphire

      Hapus
  27. Mas Galih, saya pernah lihat2 batu yang masih bahan tapi penjualnya bilang batu tsb king sapire.. apakah batu sintetis juga bisa/biasa dicetak berupa bahan ?
    trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu pak, bisa saja itu blue obsidian, kalau syntetic sapphire atau batu syntetic corundum biasanya sudah dalam bentuk facet atau cabochon ketika sudah masuk pasaran. Kadang memang ada salah persepsi, batu palsu yang biru pada disebut sintetik sapphire, padahal bisa saja itu man made glass

      Hapus
  28. kalo di medan ada lab utk cek nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, kayaknya di medan belum ada lab batu, soalnya rekan2 saya yang tinggal di Medan kalau mau cek batu dikirim ke Jakarta

      Hapus
  29. Kalau di Kalimantan Barat (Pontianak) ada tdk lab-nya? Tks sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya belum pernah jalan-jalan ke Pontianak, jadi saya kurang tahu ada lab batu atau tidak. nuwun

      Hapus
  30. Batu rubi Afrika yg beredar di Indonesia itu merupakan batu asli atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruby Afrika yang beredar kebanyakan asli, kecuali ada pedagang nakal yang jual ruby syntetic sebagai ruby afrika. Kebanyakan ruby afrika ada treatment heat, glass-fill, atau dye.

      Hapus
    2. Apakah teatment thd rubi Afrika tsb mengakibatkan rubi tsb tetap natural/asli atau jadi olahan? Tks.

      Hapus
  31. walaupun ada treatment batu itu masih masuk kategori natural. Hasil lab untuk batu yang sudah ada treatment keluarnya pasti "Natural" keterangan jenis treatment, dll akan ditulis juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya Pak Galih.

      Hapus
  32. iwan_erwansyah@yahoo.com9 April 2013 pukul 05.26

    Assalamualaikum,......salam kenal Mas Galih sy Pak Iwan....mhn ijin sy mo nanya2...sy memiliki bbrp jenis batu cincin....baik yg sdh pakai ikatan maupun yg msh blm.....salah satu diantara batu cincin yg sy punya ada jg namanya Mustika Kelapa dan sy jg punya jenis batu msh dlm bentuk batu alam sebesar kepalan tangan sebanyak 3 buah petanyaan saya adalah dimana alamat tempat tinggal MAS GALIH .tempat mengasah batu yang masih dlm keadan utuh alias belum di asah/poles mhn informasinya.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di Jogja pak, asah batu langsung ke bengkel rekanan saya di Jl. Lowanu, Perempatan tungkak, sebrang ruko service center Sony

      Hapus
  33. Asskum...mas galih bisa minta info tentang batu marjan atau red coral? apa betul batu marjan yang asli berasal dari laut merah? Jenis karang apa yang termasuk batu marjan? itu aja mas galih terima kasih banyak suskses selalu buat mas galih


    Dari : moelyanto, Jakarta




    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya kurang tahu soal batu marjan, kalau menurut rekan2 saya marjan itu jenis fosil coral merah, kekerasan hampir sama dengan obsidian

      Hapus
  34. asalamu'alaikum,mf mas galih untuk mengetahui asli atau sintetis nya batu,deteksi awal nya sprti apa.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. deteksi awal dengan melihat serat batu dulu, tapi cara ini harus sudah berpengalaman dan mempelajari ciri khas serat batu alam, lup 30x akan sangat membantu..kalau batunya bening sekali tanpa serat lebih baik serahkan pada lab batu mulia

      Hapus
  35. mas apakah batu merah siam atau king safir dll (sintetic) memiliki harga pada pasar batu mulia? atau hanya aksesoris, soalnya saya pernah melihat iklan di tokohangus menyebutkan dengan percaya diri bahwa jualannya (batunya) bersertifikat dengan hasil lab : SINTETIC (maaf mas pertanyaannya konyol)

    BalasHapus
  36. walaupun sintetis tetap ada harganya, tapi tidak semahal batu aslinya dengan kwalitas kejernihan sama. Merah siem (ruby sintetis) kalau dijual harga pasaranya sekitar 30rb per karat atau sekitar 50 smp 100rb per biji. Zamrud chatam biasa dijual 50 smp 80 rb per karat, kalau ada 10 karat kan lumayan juga harganya

    BalasHapus
  37. Salam knal mas, sya david mw nanya apakah mas galih ad stock batu mulia yg warna merah g? Kalo ad kira2 batu apa saja y? N berapa harganya, soalnya saya lg cari batu buat cincin, melayani penjualan online g? Trims mas...

    BalasHapus
  38. salam kenal juga Mas David, Stock batu warna merah saya ada ruby, dalam waktu dekat akan saya pasang. Toko online saya di www.batumuliacrystal.com silahkan berkunjung. trimakasih

    BalasHapus
  39. Mas galih saya berminat dengan aquamarine ny, saya boleh minta no HP ato pin bb ny..
    Itu aqua marine nya aslikan mas..
    Salam fitra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut no hp saya 08170741953, aquamarine ada satu tuh sudah cek lab GRI Lab Jakarta jadi jaminan asli, cek foto lengkap langsung di www.batumuliacrystal.com

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Mas Galih...,saya mau tanya gmana yah cara membedakan serat antara batu sapphire ceylon dengan birma dan kyanite...,terima kasih banyak Mas Galih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sering ditanya soal serat, kelemahan saya ya satu ini tidak bisa mendeskripsikan secara tertulis tentang serat batu. Satu batu aja punya kharakteristik serat yang bermacam-macam dan hampir mirip juga. Bagi saya untuk membedakan safir ceylon atau birma cukup saya serahkan ke lab. batumulia (bisa BIG, KGL, GRI, atau Sky Labnya Pak Nugroho) karena serat hampir mirip. Selain itu analisis untuk mengetahui asal batu juga dilakukan dengan mengenali kandungan mineral tertentu yang ada di batu itu, hal ini hanya bisa dilakukan di lab. batu yang mempunyai alat khusus.
      Membedakan Sapphire dan Kyanite sangatlah mudah bisa dilihat dari berat batu kyanite mempunyai masa jenis lebih ringan dengan ukuran sama. Seratnya juga jelas berbeda, namun kadang kyanite ada yg tanpa serat sehingga secara visual sangat mirip sekali. Agar bisa dengan jeli membedakan seseorang harus melihat aslinya dulu kedua batu itu, kenali berbagai varietasnya, nanti akan tahu sendiri kharakteristik antara sapphire dan kyanite

      Hapus
  42. alamat laboratorium medan untuk
    pengecekan batu mulia dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk daerah Medan saya belum pernah dengar ada Lab batu mulia

      Hapus
  43. alamat laboratorium medan untuk
    pengecekan batu mulia dimana?
    tlong info...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk daerah Medan saya belum pernah dengar ada Lab batu mulia

      Hapus
  44. Mas, untuk batu kristal rose quartz yg asli ciri2nya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kristal rose quartz kadang ada star, serat mirip mirip seperti serat kecubung atau pada colorless quartz. kalau kurang yakin kirim ke lab lebih bagus

      Hapus
  45. Mas Galih untuk batu kul buntek itu apa termasuk batu mulia, dan apa bisa di cek di lab untuk keasliannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kul buntet itu biasanya batu yang mempunyai pola puser memusat, atau bisa dari fosil keong. Cek lab tentu bisa, tapi nanti namanya tidak keluar kol buntet! paling natural chalcedony, atau petrified snails, dll

      Hapus
  46. mas saya punya batu kristal mentah bentuk bongkahan lumayan banyak..
    saya ingin menjualnya, posisi saya ada d daerah jember jawa timur...
    mohon bantuannya bisa d cek/tes dulu...
    ini nomer hp saya 085655880050 / 085608857225..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicek dulu satu pak, surabaya ada KGL, di Jl. kunir. nanti kalau ketahuan jenisnya lebih enak jualnya

      Hapus
  47. siang mas, saya putu galang dari bali, klo di bali ada ga lab spt ini, atau ide yang bagus berapa modal untuk buka sebuah lab termasukijin ijin resminya, mohon infonya, trims

    hormat saya putu galang
    0817273552

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijin pasti mudah, yang agak sulit nyari gemolognya..

      Hapus
  48. Mas galih saya nyari blue topaz yg kotak ukuran jgn terlalu besar seperti red garnet di batumuliacrystal.com, klo bisa sepasang, kira2 harga brp?

    Pic red garnet: feed://view/1372467320//http://www.batumuliacrystal.com/feeds/posts/default

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak Imam, saya coba carikan, kalau dapat saya kabari, terimakasih

      Hapus
  49. salam kenal mas...
    saya ditawarin batu safir dr birma ada starnya harganya 350 ringgit malaysia atau 1 juta rupiah,,kira2 itu asli atau bukan ya mas???
    soalnya kata penjualnya batu safir dr birma ngga da sintetisnya,apa bener mas??
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, biasanya batu safir birma emang asli natural tapi harganya murah, yang ada starnya juga ga terlalu mahal, kalau 1 juta kemahalan pak, paling tinggi 500 ribuan

      Hapus
    2. Terimakasih sudah membantu jawab, mohon maaf saya sedang sibuk keluar kota terus jadinya baru bisa buka blog sekarang.
      Safir dari Birma tentunya juga harus dicek lab supaya ketahuan origin dan keasliannya. Harga relatif kalau bagus ya pasti mahal, Kalau penuh serat dan warna kusam tentunya harga dibawah 500rb

      Hapus
  50. Lam kenal mas...
    Saya baru mulai seneng batu nih, tp modal cekak :-)
    Saya beli batu di pedagang batu alun2 pacitan, katanya "natural blue safir star 6", dengan harga 250rb. Sampai Jogja, saya pikir2 apa bener ya natural blue safir semurah itu... Bisa bantu cek sekilas mas? Saya kirim fotonya...

    Trus, pas di sana, liat juga batu mirip "black safir", kata penjualnya itu disebut batu manilem (klo ga salah) atau "safir local", star-nya 4. Sedangkan klo safir yg asli star selalu 6, benarkah? Trus batu manilem itu termasuk kategori batu jenis apa mas...?

    Nuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas Widi, monggo silahkan kalau mau kirim foto, bisa ke email saya. kalau bisa mampir saja ke tempat saya. Bisa juga itu safir asli dengan star 6

      Manilem biasa disebut nilem atau juga diopsid batu ini memang punya star 4. safir ada yang star (yang saya tahu safir star 6) ada juga yang tidak star

      Hapus
  51. nice blog...informatip..salam kenal Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mas Agung, silahkan berkunjung kembali

      Hapus
  52. salam kenal mas brow...saya dari Lampung pingin meguru secara on line ttg batu ke Kang Mas Galih Jati....bisa minta alamat email nya gak mas....nuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahkan, email saya di galihadventure@gmail.com

      Hapus
  53. Salam kenal mas ...
    Saya mau tanya, apa semua batu black onyx
    Melewati proses pencelupan untuk warna hitamnya, Apa proses perwarnaan it termasuk proses treatment yg di bolehkan,

    Maklum newbie bnyk tnya...nuwun mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan bLack onyx yang saya tahu tanpa proses pencelupan, soalnya batu berwarna hitam opaque sejak pemotongan. Kalaupun ada treatment itu masih di tolerir, kebanyakan lab batu pasti akan bilang natural onyx, treatment DYE

      Hapus
  54. mas sy punya batu dari martapura kal.sel namanya kecubung air..sy penasaran dgn keaslian batu tsb..lalu batu tsb sy bakar -+2menit ga trjadi perubahan apa2 ga meleleh..msh dlm keadaan panas sy celuplan lgsng ke air..batu tsb spt retak tp pas sy banting2 ga pecah apa itu bati asli apa buatan...mohon pencerahanya..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecubung Air tentu saja asli batu mas.. (quartz kalo ga salah kalau di memokan ke lab) cukup banyak bahannya di kalsel typikal batu ini.

      Nice blog nich.. bravo.

      http://cintabatuan.blogspot.com/

      Hapus
    2. Terimakasih mas Teguh dan Mas Cinta Batuan, untuk mengetahui keaslian batu mendingan ke Lab aja, sekarang biaya memo sangat terjangkau. Kalau menggunakan metode yang masih belum jelas takutnya malah merusak batu

      Hapus
  55. salam kenal,,kata orang tua2, tes batu nya klo di adu itu ada sinar nya, itu dijamin batu....apa benar?..sy udah coba dan terbukti.. trus apa semua batu mulia bisa di tes sprti itu???..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh.. nanti rusak batunya mba.. sayang atuh kalo di adu2 kaya gitu..hehehehe mending beli batu mulia yang ada memo atau sertifikatnya aja..

      Hapus
    2. Tes keaslian batu lebih baik ke Lab aja, supaya batu tidak rusak. Kalau batu api yang putih2 itu diadu bisa memercikan api, tapi kalau safir dan zamrud sayang kalau diadu, malah sompel nantinya

      Hapus
  56. salam kenal maz galih
    aq pernah beli batu blue topaz di rawa bening sama penjual tokonya di kasih jaminan kalau batu tidak natural silahkan di balikin dan uang di kembalikan,tapi batunya kq bening kayak gak ada sratnya ya mas,waktu aq pinjam lup temen saya juga gak kelihatan ada serat,kira2 benar natural gak ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topaz kebanyakan bening2, serat sulit dilihat hanya dengan bantuan optik sederhana, memang harus ke lab batu supaya pasti

      Hapus
  57. karena mas galih kayanya rada sibuk.. saya juga baru belajar sich.. tapi saya ada sedikit pengetahahuan mengenai topaz.. topaz itu batu natural mas/mba.. tapi sedikit diberi iradiation warna (penyinaran warna).. kalo kita pake loupe biasa untuk ngecek serat batunya rada susah mas.. lab lah yang memiliki kelengkapan microscope utk melihat serat batu secara jelas.. CMIWW

    www.cintabatuan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Cinta Batuan, sudah membantu menjawab Komen. Saya sedang keluar kota terus jadi belum bisa menjawab dengan cepat

      Hapus
  58. mas saya mau tanya.saya pas liburan ke pelabuhan ratu saya menemukan batu berwarna hijau,putih,biru dan setelah saya bawa ketempat gosok yg warna biru katanya king safir dan saya bingung setelah saya baca2 klw namanya king itu berarti sintetis sedangkan saya kan dapat dari bahan lalu di gosok jadi saya perlu penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cek batu saya recomedasi lab batu, karena penggosok batu belum tentu tahu jenis batu. King itu sebutan untuk batu2 proses / sintetis

      Hapus
  59. nice blog neh mas Galih...sangat bermanfaat bagi pecinta dan kolektor batu mulia. Browsingnya pas tengah malam, kebetulan lagi susah tidur, ehh nemu blog aGan Galih...mantap...
    Mas Galih, di tempat saya (kalimantan), harga batu mulia relatif cukup mahal. Apalagi kalau diembel-embel dengan batu bertuah, percaya gak percaya, yg tertarik pasti mau beli mahal. Mahalnya harga batu mulia di tempat saya karena para penjual menjelaskan bahwa kalimantan (kaltim & kalsel) sejak dulu adalah tempat produksi batu mulia, jadi kecil kemungkinan batu tersebut di imitasi, karena umumnya pada "..tau batu..". Pertanyaan saya, apakah benar demikian ? Trims sebelumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung mas Ade, Kalimantan memang penghasil batu mulia seperti Intan, agate dan quartz paling banyak. Menurut pengalaman saya (Sangat saya sayangkan) ada juga saudara dan teman saya membeli batu dari sana ternyata batu non-natural. Orang2 dah percaya kalau belinya dari Kalimantan ya pasti asli. Menurut saya itu bagus, jadi selayaknya lah pedagang batu dari Kalimantan menjaga image/nama besar Kalimantan supaya tetap bagus, bukannya memanfaatkan demi kepentingan pribadi

      Hapus
  60. Salam kenal mas galih.......blognya manstab byk ngasih pencerahan buat pemula spt sy,dan jd tambah semangat utk jd hobiis batu mulia. Mas galih sy mau safir biru&merah rubi birma yg natural÷memo/sertipikat. Kl bisa sgr jd pengen py koleksi....he he. Kira2 berapa yah master galih......? Ini no hp sy 087721890203. Salam jg buat semua pecinta batu di blog master galih. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya pak Ahmad, Kalau ada batu yang sesuai dengan pesanan bapak segera saya kabari.

      Hapus
  61. salam kenal mz galih,, saya termasuk pecinta batu mulia, saya ada banyak batu tp belum pernah di cek di lab, saya tinggal di tegal, untuk lab terdekat dengan tempat saya tinggal di mana y mz, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Waskito, salam kenal juga. Untuk cek lab yang paling dekat wilayah jawa tengah ada di Jogja, Avianoor Gems Lab. Nanti kalau ke Jogja bisa hub saya, kalau saya pas dirumah bisa saya antar ke lab. bapak bisa buka dulu artikel saya tentang Lab ini, di blog

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. siap, terimakasih mz galih,, mudah-mudahan lain kai saya bisa pergi ke Jogja,

      Hapus
  62. salam kenal untuk mas galih,salutt and thanks untuk info2nya,Mantabb,klu boleh mnta alamat facebooknya donk,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih atas kunjungannya alamat facebook saya cari aja galih_oye18@yahoo.com

      Hapus
  63. Selamat Malam mas Galih..mau tanya tingkatan2 blue topaz itu diliat dr mananya?koq ada harga yg 350rb sampai dengan 3.5jt..kl sudah di cek di lab,apa kterangan yg membedakan yg murah,mahal,dan sangat mahal.terima kasih ya bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak Reuben, soal harga itu cenderung melihat ukuran dan warna batu, untuk blue topaz kalau warnanya biru tua ya pasti harganya lebih mahal dari yang biru muda. Terus ada treatment atau tidak, kalau tidak ada treatment apapun sudah mempunyai warna biru tua bagus ya pasti bisa mencapai jutaan. Untuk blue topas dengan treatment IRR atau Ha harganya dibawah yang non treatment. Mungkin harga 3,5 jt punya warna bagus dan non Treatment, sedangkan harga dibawah 1 jt biasanya biru muda dan treatment

      Hapus
  64. Salam buat Mas Galih Jati. Saya punya batu katanya sih Safir Burma, tetapi bila saya perhatikan dengan cermat batu itu didalamnya ada sinar seperti renik-renik. Apakah batu saya asli Safir burma apa Palsu. Terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Mashur, untuk mengetahui origin saya tidak bisa, coba bapak masukan ke lab batu. Mereka lebih kompeten untuk menentukan origin sebuah batu

      Hapus
  65. slamt malam mas galih saya mau tanya ciri ciri batu onxy yg palsu dan yang asli bagai mana ya?? mohon pencerahannya..satu lagi saya mau tanya alamat toko mas galih di mana ya ?? ini nmr saya 021-96052859

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya, batu onyx itu salah satu jenis chalcedony agate, pemalsuan kayaknya jarang sekali, yang sering adalah pewarnaan atau DYE. Untuk mendapatkan warna hitam pekat mengkilat batu agate chalcedony sering mendapat treatment pewarnaan.

      Hapus
  66. Mas galih harga untuk batu cristal amethyst kisaran brapa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk amethyst harga macem2 mulai 50rb an, tergantung ukuran dan kwalitas

      Hapus
  67. Maaf mas mau tanya... bagaimana kalau saya yang jauh dikalimantan timur... mau buat memo apakah bisa dikirim lewat pos/jne untuk pengecekan ke lab,,, lab yg aman dan tidak bermain/nakal lab apa ya??? Trims ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak dikirim, tapi kalau batunya berharga sangat mahal mendingan dibawa langsung saja ke Jakarta. Untuk Lab. saya sampai sekarang masih percaya kalau Lab akan bekerja dengan profesional

      Hapus
    2. Ohhhh begitu ya... trus diantara semua lab,,, lab mana yang ternama dan paling aman... maksudnya kl saya sudah percaya tanpa harus berangkat kejakarta...

      Hapus
  68. Halo salam kenal Dik Galih, kalo sy beli batu dgn sertifikasi GIA apa ini lebih meyakinkan dibanding sertifikasi KGL atau GRI ? Bgmd dgn sertifikasi lembaga yg di Martapura Kalsel apa termasuk yg di rekomendasikan. Trims ya salam Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Ibu, para Gemolog yang ada di KGL, GRI, dan LPSB Martapura kayaknya semua dari GIA. Saya yakin semuanya profesional. Kadang ada human error, tapi itu masih bisa diperbaiki. Rekomendasi saya recomend semua, cuma kalau untuk berlian saya recomend AGL Jakarta.

      Hapus
  69. Wah trima ksh ya atas responnya yg cepat, sy ini memang sdg mulai minat beli koleksi batumulia lain2nya selain berlian, kpn2 sy akan mampir ke tokonya dik Galih ya, sy sedang minat zamrud, blue saphire, ruby, topaz, opal dan aquamatine, btw,ada langganan toko mas dik Galih gak ? Kalo nanti diikat emas biar gak ditukar ? Maaf jadi tanya terus yah. Trims dan salam, Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mampir Bu, saya jarang emban emas, kebanyakan perak

      Hapus
  70. ass.wr.wb mas galih sy mau tanya untuk harga blue topas asli yg ukuran agak kecil tp warna birunya biru tua kisaran harga berapa ? dan ditmpt mas galih apakah ada menyediakan barangnya. trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blue topaz macem2 harganya, mulai 100rb. Tempat saya masih ada satu tapi agak besar dah cek lab SKY Gems Jakarta. Boleh cek di www.batumuliacrystal.com

      Hapus
  71. ass.wr.wb mas klu bisa minta no hp mas biar lebih puas konsultasinya trim

    BalasHapus
  72. salam kenal mas galih,
    mau tanya keaslian batu yg saya baru beli nih asli apa tdk nya.
    katanya batu kecubung, warna ungu terang kaya dari sinstetis. katanya batu itu sdh jadi jadi warnanya ungu terang.
    apa ciri2 batu kecubung yg asli, berserat dan apakah warnanya sebenarnya ? sorry banyak tanya soalnya awam dgn batu2 mulia, saya beli krn suka warnanya saja, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, kecubung atau amethyst kalau eye clean serat pasti sulit untuk dilihat. Serat khas kecubung bisa diamati pakai lup atau mata telanjang, selama batu tidak eye clean. Untuk membedakan serat alami atau bukan perlu pengalaman dan latihan. Lebih enak di cek lab aja, hasilnya lebih valid

      Hapus
  73. mas galih saya punya batu kalimaya teh tapi warna pancaranya blum keluar jelas (msh muda).bagaimana caranya yaa mas biar warnanya keluar...
    trima kasih sebelumnya n salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Kalimaya, menurut pengalaman saya, kalau itu kalimaya afrika biasanya saya jemur, kembang bisa lebih keluar banyak. Kalau itu kalimaya banten atau australi saya rendam air

      Hapus
  74. Mau tny temen saya menjual harga batu blue sapphie, ruby dan zamrud masing-masing ukuran 10mm dijual seharga 250rb apakah itu harga wajar atau bagaimana
    untuk pegencekan di GRI itu gratis ya atau berbayar tolong bantuan infona ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga itu tergantung kwalitas batu, kalau kwalitas kurang dengan ukuran segitu ya wajar. Cek lab di GRI tentu saja bayar, karena lab batu menyediakan jasa untuk cek batu

      Hapus
  75. Mas mau tanya u/ jasa lab di GRI perkiraan biayana
    Apakah tergantung dari ukurannya tolong bantu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya cek batu untuk GRI itu per item bukan per ukuran atau berat. Cek batu tanpa origin 100rb, cek batu dengan origin 150rb

      Hapus
  76. misi mas mau tanya cara ngebedain antara pink saffire dengan ruby pink gmna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke apa yang dimaksud Ruby atau Safir. Kedua batu, ruby dan safir adalah jenis corundum. Semua Corundum dengan warna selain merah disebut safir, dan semua corundum yang berwarna merah sebutanya ruby. Jadi sebenarnya pink ruby itu tidak ada.

      Hapus
  77. Salam kenal mas galih, ini blog yang informatif dan mas galih dgn sabar melayani pertanyaan2, saya minat dgn paparacha, blue saphir, rubi dan ametys,lengkap dgn sertifikat. Mohon info, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung. untuk batuyang di maksud langsung cek aja www.batumuliacrystal.com nuwun

      Hapus
  78. artikelnya sangat menarik sekali gan, dan dengan membaca ini kita bisa tahu dan tambah wawasan
    sangat bermanfaat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak, silahkan baca2 dan berkunjung kembali. nuwun

      Hapus
  79. bagaimana caranya agar akik darah menjadi merah warnanya mas?? trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalau merubah warna itu sudah treatment namanya, mendingan cari yang sudah alami merah

      Hapus
  80. Mas.galih numpang tanya di palembang ada gak lab cek batu. Trims jwbanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya belum pernah dengar ada lab batu di Palembang, sejauh ini cuma ada di Jakarta, Jogjakarta, Kalimantan, dan Surabaya

      Hapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Mas galih mau tanya cara mengetes batu kalimaya asli dan tidak bagaimana caranya, apa dengan direndam air kelapa atau dikasih sinar di bawah batunya..Untuk daerah Yogykarta Labnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membedakan kalimaya asli dan tiruannya paling mudah adalah dengan melihat sendiri kalimaya yang asli dulu, kalau belum pernah melihat dan memegang yang asli pasti sulit untuk tahu mana natural mana tiruan. Lebih mudah lagi kalau di cek lab saja

      Hapus
    2. Lab Batu di jogja Avianoor Gems Lab, Jl. Sumatra 16, Widoro Baru Condong Catur Jogjakarta

      Hapus
  83. Halo salam kenal mas, saya baru punya batu garnet yg belum diasah yg warna hijau hanya karena tertarik garnet sebagai batu kelahiran saja. HSaya penasaran bagaimana menilai harga garnet hijausebetulnya? Serta untuk ukuran kualitas bagus tidaknya, Saya penasaran. Saya perhatikan di Indonesia juga tidak terlalu mudah mencarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batu Garnet yang bagus ya yang bening dan mempunyai kilau, batu mulus tidak retak, warna hijau tidak terlalu tua atau muda..itu sudah menjadi tanda batu bagus atau tidak

      Hapus
  84. mas galih punya koleksi batu kalimaya yg asli banten ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas, langsung aja masuk ke www.batumuliacrystal.com masuk ke bagian opal

      Hapus
  85. mantap mas galis, ga pelit berbagi ilmu dgn menjawab pertanyaan dgn sabar, tentu disela-sela kesibukan, jempol jg buat artikel2nya. salam kenal, sy pemula pencinta batu permata, walau skitar sepuluh taun lalu sy sudah py berbagai jenis batu tp ga pernah sy lirik, c
    dan tidak pernah ingin banyak tau ttg batu, makanya sy mendeklarasikan diri sebagai pemula, karna baru saat ini lah keingin tahuan ttg batu begitu tinggi, ktnya pepatah mengatakan semakin banyak mengetahui maka semakin berkuranglah ilimu kita..., sy mau nanya (boleh ya mas) yg membedakan batu obsidian (batu lahar) dengan sintetis king safir atau merah siem bagaimana, karena keduanya seperti kaca, mohon penjelasan ( jwbnya jgn langsung cek lab ya), trus apakah batu sintetis selalu ada gelembung, terahir sy punya batu warna merah, kt sebagian orang itu merah siam, tp kenapa batu py sy ada star 6 nya walau kurang tajam tp ada tetapi tidak nampak serat di batu tsb, maksih banyak mas galih..



    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Batu Mulia, terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana saya. membedakan antara Batu obsidian dan king safir atau merah siam sebenarnya sangat mudah, dari kerasan sudah jaug sangat berbeda, batu obisidian akan sangat mudah sekali tergores kecil2 karena kekrasan cuma sekeras kaca, amati aja permukaanya. Batu king safir dan merah siam batu sintetis keras berat jenisnya juga pasti lebih berat dari obsidian.. Gelembung bisa terjadi di batu natural juga seperti obsidian, ruby madagascar yang sudah ditreatment glassfilled, zamrud, dan lain2

      Hapus
  86. lupa mas, blm mengenlkan diri, sy asal banten, tepatnya di serang ibu kota provinsinya, skalian nambah nambah pertanyaan, sy punya 3 buah batu, ketiganya ketika diliat pake loupe (40x) hampir sama seperti ada bercak ice, dan banyak bintik2 seperti gelembung tapi kecil sekali jumlahnya, ke tiga batu itu semuanya bening, dan ukurnnnya kecil sktr 4-5 crt, warna batu ketiganya berbeda ada merah agak pink ktnya ruby, trus biru tua katanya blue safir, trus hijau muda katanya zamrud. yg bikin sy penasaran batu ini sy miliki sdh 10th mungkin lbh, dan belinya waktu itu cukup mahal rp 300 - 500rb, jd apa kira2 nama ketiga jenis batu tsb, makasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbak atau Mas ya? waduh kalau sekedar deskripsi dan foto aja sangat sulit untuk identifikasi batu mulia. Jenis batu ada ribuan dengan kharakteristik serat dan ciri2 fisik yang hampir sama, plus ditambah macam2 batu sintetik yg sangat identik dengan batu natural

      Hapus
  87. salam kenal, 24c7426c (please invite) biar bsa menjalin silaturahmi dan memahami batu mulia dengan cerdas...thx

    BalasHapus
  88. terima kasih, untuk silaturahmi sy tak keberatan akan sy invite.

    BalasHapus
  89. hehehe, jawabnya Mas, bi blog ini karna ke gaptekan saya nama ko munculnya alamat email, tp di email udah muncun nama aslinya ko..

    BalasHapus
  90. Di Bogor Lab batu mulia dmn mas ?

    BalasHapus
  91. Wah mas,sya kleksi btu cincin manual aja,pke adu apa percikan ato tdk,soalnya g sfmpt bwa kejkrt.lgian ini btu koleksi sya ktmu,trus sya olah jd btu cincin.mklum mas,krj jd pelaut.semangat bwt lab nya,insyaallah bsa sya bwt memonya ksna

    BalasHapus
  92. Waduh, saya baru beli batu online ada embel2 "KING" nya KING KELADEN GOLDEN HONEY, kira2 pegadaian bisa ga y membedakan batu alam atau ga mas? Ribet klo ngetest d lab jkt

    BalasHapus
  93. salam mas galih, saya ingin bertanya, saya sempat membeli batu blue safir tetapi cuttingannya kurang bagus, apa bisa di cutting ulang dan kalau ada referensi, apakah ada tempat cutting batu di daerah pontianak kalimantan barat?? terima kasih

    BalasHapus
  94. Mas galih, sebelumnya nice blog nih...nambah ilmu perbatuan buat saya..saya mau nanya, saya baru beli batu...kata penjual batu yg saya beli batu Bacan...kira2 klo di test lab namanya jadi apa ya mas Galih....terus ngebedain bacan asli tanpa hrs ke lab ada ga ya mas..

    BalasHapus
  95. Oia mas Galih untuk test lab di wilayah Balikpapan Kal-Tim ada gak ya mas ?

    BalasHapus
  96. Mau tanya mas, kira2 sebatu untuk bikin memo berapa tarifnya?
    Dan apa sih bedanya MEMO dengan sertifikat batu ?

    BalasHapus
  97. Boss,

    Stock Jamrutnya masih ada?

    BalasHapus
  98. Misi mas, laboratorium yg buka hari minggu dimana yah? (Jakarta)

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum mas Galih , saya mau bertanya.. apakah ada batu bacan berwarna biru cerah ? kemarin teman saya membeli bahan batu bacan yang katanya galian baru, dia beli sebesar ukuran jempol kaki dengan harga 300rb. sangat berbeda dengan bacan milik saya yg berwarna hijau tua. terimakasih mas galih..

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...