Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Sabtu, 14 Maret 2015

Cara Mengasah Batu Mulia secara Sederhana dan Murah

Mengasah batu mulia bisa dilakukan dengan sangat sederhana dan mudah, tidak perlu peralatan yang berharga jutaan rupiah. Namun khusus untuk batu-batu dengan kekerasan diatas 8 skala moh memang butuh alat yang lebih memadai. Demonstrasi asah batu dalam video ini menggunakan batu Rose Quartz, jenis quartz dengan kekerasan 7 dalam skala moh. Tentunya batu chalcedony yang banyak terdapat di Indonesia masih bisa dengan mudah dikerjakan dengan alat ini. Untuk mendapatkan hasil asahan yang rata dan mengkilap diperlukan latihan yang keras, jadi jangan kecewa kalau asahan pertama kurang memuaskan. Artikel ini membahas peralatan yang dibutuhkan dan demonstrasi detail cara mengasah batu mulia. Untuk demonstrasinya cek video pengasahan batu mulia yang sudah saya unggah di youtube "How to Cut a Gemstone" https://youtu.be/JFIFE-hEjdM.
mesin asah batu mulia
Mesin Asah 3 in 1 Portable
Peralatan pertama yang harus disiapkan adalah mesin gerinda. Mesin asah portable diatas bisa dirakit sendiri dengan harga dibawah 1 juta rupiah atau bisa pesan. Mesin ini buatan mas Medy Trisdiyanto dari Jombang, Jawa Timur. Penggerak utamanya adalah mesin Gerinda paling kecil dengan daya 180 watt jadi sangat hemat listrik. Motor gerinda ini juga disambungkan dengan karet untuk menggerakan pemotong (Lihat foto diatas "Mesin Asah 3 in 1 Portable"). Kedua sisi kanan dan kiri gerinda difungsikan untuk membentuk dan mengasah. Salah satu sisi dibuatkan dudukan dengan spon, dan disetting supaya bisa diganti amplas dengan mudah
stick handle dan wax asah batu mulia
Stick Bambu dan Lak / Wax
Selanjutnya persiapkan stick dan Lilin lak / wak. Stik atau handle asah ini bisa dibuat sendiri dengan bambu atau kayu, besarnya disesuaikan dengan ukuran batu yang diasah. Yang berwarna merah untuk menempelkan batu asahan pada stick batu adalah Lak atau Wax. Kalau di Jogja biasa disebut Lak. Lilin lak ini bisa dibeli di beberapa toko besi, alat berat, dan toko buku di Jogja. Di sekitaran JGC rawabening banyak yang jual. Lilin lak merah ini juga digunakan untuk menjilid buku dan segel surat. Cara menggunakan lak bisa langsung dilihat pada video.
amplas batu mulia
Ampals berbagai nomor
Yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah amplas besi atau kayu dengan berbagai nomor. Amplas yang paling halus amplas nomor 2000 nanti digunakan terakhir untuk mengkilapkan. Amplas dipotong bulat-bulat sesuai dengan besar dudukan, kasih lobang ditengah. Amplas ini nanti pasang pada salah satu sisi mesin gerinda. Sebenarnya masih ada satu lagi untuk finishing yaitu kulit sapi, dibentuk seperti amplas ini. Kulit sapi digunakan untuk mengkilapkan batu yang sudah jadi, bisa ditambah serbuk intan atau serbuk batu hijau. Petunjuk lengkap cara mengasah batu silahkan melihat video demonstrasinya. Selamat berkarya dan sukses untuk semua!

4 komentar:

  1. Mantap informasinya, Mas Galih :)

    BalasHapus
  2. Siiiip bngt info,y mz galih,,....

    BalasHapus
  3. makasih, mumpung dirumah ada mesin pompa air yang tidak terpakai

    BalasHapus
  4. info bersahabat.. thanks admin

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...