Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Rabu, 14 Desember 2016

Batu Akik Pandan Ternyata Serat Sisiknya didapat dari Suatu Treatment Pemanasan

batu akik pandan
Batu Pandan mempunyai keunikan yang terdapat pada inclusi sisik di dalam batu. Namun, sampai sekarang masih menjadi perdebatan apakah sisik itu asli dari sono nya atau buatan (treatment).  Banyak pecinta batu yang menyangkal kalau sisik itu buatan, karena akik pandan memang sudah ada sejak dulu kala. Tapi fakta juga berkata lain bahwa treatment dan pembuatan batu sintetis juga sudah ada sejak tahun 1800 an. Fakta lain banyak pengasah dan kolektor batu sulit menemukan bahan mentah dari alam langsung dengan sisik seperti batu pandan, kebanyakan batu pandan sudah menjadi batu jadi yang sudah diasah. Mungkin beberapa orang mengklaim mereka mengasah sendiri batu akik pandan namun ternyata dia juga seorang penjual batu pandan. Banyak juga pemain batu yang mengakui kalau sisik-sisik batu pandan itu merupakan suatu treatment untuk memperindah dan membuat batu chalcedony menjadi unik. 
pandan nanas
Beberapa Lab batu mulia sampai saat ini juga belum bisa memecahkan misteri ini. Kebanyakan lab batu akan mengeluarkan Natural Chalcedony, tapi komennya semacam no comment atau treatment not detected, maksudnya treatment belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa gemolog yang menyatakan bahwa batu akik pandan mendapatkan serat sisik itu dari hasil treatment pemanasan dengan metode khusus.  
pandan chalcedony
Batu Akik Pandan di pasaran batu Indonesia dapat ditemui dengan berbagai macam warna-warna mencolok, mulai dari merah, orange, kuning, hijau, dll. Tentunya kita sebagai pecinta batu juga harus kritis, karena banyak yang merupakan pewarnaan. Sebagai referensi, batu chalcedony dengan warna hijau dan biru alami adalah sangat langka, warna yang umum dan banyak ditemukan adalah warna-warna coklat, kuning, putih, purple, dan oranye (cek artikel tentang batu chalcedony disini http://javagemstone.blogspot.co.id/2015/05/dyed-chalcedony-batu-akik-dengan.html

Banyak pertanyaan yang menimbulkan kontoversi tentang batu Akik Pandan. Akan tetapi, Batu Pandan tetap menjadi primadona para kolektor batu mulia di Indonesia. Semakin banyak juga kompetisi Batu yang mengangkat keindahan batu ini. Jika ada pembaca yang tahu fakta terbaru tentang batu ini, bisa langsung komen dibawah atau kirim email ke penulis. Jika ada yang tahu tentang treatment atau mungkin mengetahui lokasi tambang batu Akik Pandan boleh juga berbagi informasi ke penulis. Terimaksih, semoga Dunia Batu Mulia Indonesia semakin maju!!

3 komentar:

  1. Izin komentar bos galih, sy di way kanan pencinta batu, sy sampai saat ini msh sering menemukan bongkahan batu pandan diwilayah kami, benar2 kami temukan dialam, sisik ada yg sama dg aisik pandan betawi tpi byk pula siaik yg berbeda dri pandan betawi (arwana, siaik2 lain tdk umum bredar) silakan di cek dilokasi atw sampel yg kami miliki benar2 sisk alami,( pandan sisik alam way kanan) tulisan bos galih mgkin bsnar (sisil buatan) utk pandan yg brasal dri daerah lain (jawa/betawi); salam gemstome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mas Sayuti, semoga misteri Batu Pandan dapat segera terkuak!

      Hapus
  2. Dimana ada deposit kalsedon disitulah ada pandan...

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...