Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Senin, 30 April 2012

Keindahan Batu Opal Kalimaya Banten

opal banten
batu opal kalimaya banten
Batu Opal memang memiliki daya tarik magis dan fisik yang sangat kuat. Walaupun bukan termasuk batu mulia dengan tingkat kekerasan tinggi kilau alami batu opal sanggup menyilaukan mata dengan kerlap kerlip "kembang jarong" nya. Di Indonesia batu opal di sebut juga dengan "Kalimaya" opal kalimaya atau orang Banten menyebutnya "moyo". Batu opal di Indonesia baru ditemukan di wilayah Banten di sekitaran daerah aliran sungai Mojo. Untuk mencari batu opal di daerah ini para penambang harus menggali tanah dalam-dalam seperti membuat sumur. Kalau tidak mau sulit-sulit cukup jelajah di aliran sungai Mojo saja, kalau beruntung bisa menemukan lempengan-lempengan batu atau fosil kayu dan tulang dengan batu opal kalimaya menempel di ceruk atau lobang benda-benda itu.
kalimaya banten
Opal susu Banten
Batu Opal Kalimaya dari Banten merupakan salah satu jenis batu mulia yang paling banyak dicari. Harga opal Banten relatif lebih mahal dari pada opal Afrika dan Australia. Hal ini mungkin dikarenakan belum terexploitasinya sumber-sumber deposit batu mulia opal di Banten atau memang deposit opal Banten yang terbatas. Pasar batu mulia di Indonesia mulai tahun 2008 di bom batu opal dari Afrika dengan harga lumayan terjangkau. Akan tetapi, kalau boleh di perbandingkan dari segi warna dan keindahan opal Banten jauh lebih cantik dan menawan.
opal kalimaya banten
natural opal kalimaya Banten
Batu Opal memerlukan perawatan dan perhatian khusus tidak seperti batu mulia lainnya. Batu yang satu ini mudah sekali pecah apabila tidak hati-hati dalam memakainya. Kekerasan batu opal hanya sekitar 5 - 6 skala moh. Sekitar 5 - 6 persen bagian dari batu opal adalah air yang meresap kedalam lubang-lubang mikroskopiknya. Dalam keadaan kering sekali batu opal dapat retak dan pecah dengan sendirinya. Oleh karena itu, batu ini kadang kala harus dibasahi dengan air atau baby oil.

42 komentar:

  1. Nice post and amazing ring its awesome, have nice day friend!! :)

    PD : I have a problem with the cbox on my blog, in a few days all be solved :)

    BalasHapus
  2. GOOGLE UPDATE PR HARI INI !!!

    BalasHapus
  3. Gan, saya ijin copas boleh ya, pliss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok, kalau mau kopas email admin ya, ada peraturannya

      Hapus
  4. om, mo nanya. emang bener ya opal/kalimaya itu jarongnya bisa nampak seiring waktu, atau cuma mitos? kalo bukan mitos, kasih tau caranya dong :) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat kembang jarong kalimaya gak pake trik apa2 om kalo memang jenis bahan batu opal bantennya jarong (kembang warnanya lebar-lebar), jadi bisa dilihat setiap saat.

      Hapus
    2. Benar kata mas Jardin, kalau batunya sudah jarong kena cahaya sedikit aja sudah berkialauan! tapi ada jenis kalimaya yang bunglon, biasanya saat kering dia kembangnya keluar, namun saat lembab dan basah dia jadi bening transparan. Kalimaya Banten banyak yang kalau basah dia kelihatan kembangnya saat kering warna jadi pucat dan memutih tidak ada kembang

      Hapus
    3. klo kena basah jd transparan bukan opal banten tuh...

      Hapus
  5. cara perawatannya gmn ya gan? klo direndam bagusnya makai apa ya? mohon dijawab gan.
    1 lagi gan, kalimaya banten ku timbul seperti kabut gitu, cara menghilangkan nya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut pengalaman saya, kalimaya banten ada dua jenis: 1. yang tahan tidak kena air dan 2. yang harus kena air terus. Yang layak dikoleksi adalah yang tahan tidak kena air, seperti kalimaya susu yang ada di artikel ini. Kebanyakan yang beredar yg tidak tahan kering atau kalau ga kena air dia retak dan tidak keluar kemabang.
      Kalau batu alam ya sulit menghilangkan kabut, sudah dari sononya, mendingan beli yang dari awal sudah bagus dan bukan kalimaya bunglon, atau tidak tahan kering

      Hapus
    2. Saya punya kalimaya susu tapi belum keluar kembang, hanya baru bisa tembus cahaya ketika sudah di poles, dan jika direndam lama di air maka di bintik-bintik transparan akan timbul bolong, bagaimana cara merawat dan menimbulkan kembangnya, terimakasih

      Hapus
    3. Jarong kalimaya memang sudah ada dr sononya. Tidak bisa dimunculkan ataupun dihilangkan. Bukan kalimaya namanya klo kagak ada jarongnya.

      Hapus
  6. mohon ijin copas boss... buat postin di laman blog saya http://pertapa21.blogspot.com/ silahkan kunjungi juga oom sekalian memberikan masukan yg positif untuk perkembangan batu mulia lokal... thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monnggo silahkan kalau mau Kopi. asal sesuai peraturan, menyertakan nama penulis dan link artikel ini. Terimakasih

      Hapus
  7. Mau tanya Bos.
    Cara memunculkan jarong kalimaya mulai dr bongkahan / rough gmn ya?
    Mungkin bos punya pengalaman.
    Thanks.

    BalasHapus
  8. om mo nanya,cara bedain kalimaya banten sama kalimaya afrika gimana? mohon di balas ya??

    BalasHapus
  9. Ngerendemnya pake aer apa biar cepet jadi nih opal....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. opal yang bagus itu ga usah di minyak atau direndam air jarongnya dah keluar, yang model susu tapi jarong kaya di foto ini contoh opal yang bagus..ga usah di apa-apain jarong keluar terus

      Hapus
  10. please visit http://kalimaya-jewel.blogspot.com/ , jual kalimaya banten asli dr yg bagus ampe standart...

    BalasHapus
  11. alo mas galih, untuk retak dan pecah yang dimaksud seperti apa? apa bisa ditunjukkan dengan gambar? maap baru mulai kecimpung dalam dunia batu.. terima kasih..

    BalasHapus
  12. Salam kenal mas galih..saya mau nanya nih...bongkahan black opal kalau sudah keluar kilauan berliannya apa boleh di poles dengan amplas halus..? Mksh mas..di tunggu jawabannya.

    BalasHapus
  13. Permisi, mau tanya, saya punya kaliamaya susu, kemarin saya rendam air, baru juga 1 jam kok jadi bening ya? Apa bisa kembali warna susu? Lalu apa itu asli kalimaya atau bukan ya?
    Kebetulan saya baru pernah punya kalimaya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg pernah tanpa sengaja sdg membersihkan ikatan cincin tiba2 batu kalimaya semula warna putih susu berubah jd warna kuning kristal dan setelah beberapa menit kembali spt semula...???

      Hapus
    2. Itu namanya kalimaya bunglon, sama kaya punya saya.. setau saya kalo kalimaya susu ga bakalan berubah warna jadi bening kalo direndem di air.

      Hapus
  14. Diangin2kan saja. Nanti jg kembali seperti asalnya (jgn dijemur). Itu asli kok.

    BalasHapus
  15. salam kenal semua penggemar batu...

    BalasHapus
  16. Lumayan lama yah untuk bikin jarong nih BO, punya saya dah hampir 2bln blm jarong juga :(

    http://umroh1arminareka.blogspot.com/

    BalasHapus
  17. permisi, mau mengulang pertanyaan di atas krn belum puas.
    saya udah merendam rough kalimaya, kayaknya sih kalimaya susu
    pingin munculin kembangnya gimana ya?

    BalasHapus
  18. Jarong kalimaya memang sudah ada dr sononya. Tidak bisa dimunculkan ataupun dihilangkan. Bukan kalimaya namanya klo kagak ada jarongnya.

    BalasHapus
  19. Kalimaya itu batu mulia, bukan telapak kaki ada yang bilang klo kering pecah-pecah. Pilih batu jangan yg harganya alakadarnya makanya batu jg jarongnya alakadarnya, dari mana asalnya kalimaya kw rendah bisa jd kw super. Yg kulitas rendah biar di apakan jg jarong tetap segitu. Paham

    BalasHapus
  20. tanya dong mas ANONIM brarti kalo kalimaya yang asli begitu dibikin udah langsung muncul? tanpa proses dimunculin?

    BalasHapus
  21. (NB)langsung muncul jarongnya mksud saya....

    BalasHapus
  22. klo untuk perawatan kalimaya yg retak gmn ya? apa bisa mulus kembali seperti semula?

    BalasHapus
  23. gan ane di kasih batu ama om ane katanya batu kalimaya teh,tapi kok kuning bening ya gak ada jarong nya? ini asli apa palsu ya?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dijemur sebentar, biasanya kalimaya akan keluar kembangnya kalau dijemur

      Hapus
  24. Berapa harga bahan 1kg mas bisa kontak ke 085376170893

    BalasHapus
  25. Gan x maya teh ane sdikit sompal n tergores bisa gk dbkin halusn kinclong lg? Trus biar jarongnya makin trlihat jelas gmn cara'y? Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau somplak diasah lagi bisa, tapi kalau jarong sudah mentok segitu! sudah dari sononya

      Hapus
  26. Bagi yg butuh bahan black opal jarong hub:089652522319
    Dan jg batu yaman mekah,pirus persia,dll

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...