Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Sabtu, 24 Desember 2011

Jakarta Gems Center Rawabening, Surga Bagi Para Pecinta Batu Mulia

pasar batu mulia rawabening jakarta
Jakarta Gems Center, Rawabening, Jatinegara
Jakarta Gems Center adalah surga bagi para pecinta Batu Mulia, sebuah mall berlantai 4 penuh dengan dagangan batu cantik berkualitas. Terkenal sebagai pasar Batu Mulia terbesar di asia tenggara, tempat ini memanjakan para gems collectors dengan ratusan jenis batu mulia. Harga batu di tempat special ini bervariasi mulai dari batu akik 20 ribuan sampai batu safir ratusan juta rupiah. Ini adalah surga bagi kolektor dan pecandu batu mulia!
pasar batu mulia rawabening jakarta
Pasar Batu Mulia

pasar batu mulia rawabening jakarta
Iket Perak Batu Mulia

pasar batu mulia rawabening jakarta
Batu Mulia Rawabening

pasar batu mulia rawabening jakarta
Grosir Batu Akik Rawabening

Pusat Informasi Batu Mulia

pasar batu mulia rawabening jakarta
Laboratorium Batu Mulia Rawabening, Jatinegara
Mall Batu Mulia ini juga menyediakan tempat pengasahan bahan batu mulia. Ada puluhan lapak pengasahan batu yang siap melayani anda. Berbagai macam iket mulai dari bahan tembaga, koin, aloy, sampai emas perak tersedia dalam berbagi macam ukuran. Chroom dan lapis emas juga dilayani dengan servis full! Bagi yang ragu akan keaslian batu yang akan dan sudah dibeli, tersedia laboratorium batu mulia.
pasar batu mulia rawabening jakarta
Pengasahan Batu Mulia Jakarta Gems Center

pasar batu mulia rawabening jakarta
Grosiran Batu Mulia Rawabening

Pengasahan Batu Mulia

Bongkah Amethyst Rawabening, Jatinegara

pasar batu mulia rawabening jakarta
KonterBatu Mulia Jakarta Gems Center

pasar batu mulia rawabening jakarta
Lapak Batu Mulia Rawabening

Jakarta Gems Center Rawabening

pasar batu mulia rawabening jakarta
Papan Nama Jakarta Gems Center Rawabening

Pasar batu mulia ini sebenarnya telah ada lebih dari 25 tahun yang lalu. Awalnya sampai tahun 2007 merupakan lapak-lapak pasar tradisional. Akhirnya, pemerintah daerah Jakarta membangun pasar ini menjadi sebuah mall istimewa, sebuah pasar tematik Batu Mulia bersih dan mantap! Mall Batu Mulia ini terdiri dari 1355 tempat usaha, 983 kios dan 372 konter. Pastinya tempat ini menjadi salah satu tempat istimewa yang menggiurkan bagi panghobi batu mulia.

96 komentar:

  1. Rawa Bening terkenal dgn Pusat bebatuan di Jakarta. bahkan terbesar se asia tenggara. akan tetapi bny yg menjual batu palsu, sintetis..dgn hrg yg tak masuk akal, demi meraup keuntungan dr pd batu yg sdg di gemari orang. dampak dr batu palsu n sintetis yg di perdagangkan di Pasar Batu Rawa bening, bisa merusak Citra bebatuan Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus pandai-pandai memilih batu, belajar dulu tentang batu mulia kalau ingin belanja batu..terimakasih sudah berkunjung, saya tunggu kunjungan berikutnya

      Hapus
    2. Dijamin Batu Asli dan Harga Dijamin Murah dan Berkualitas...
      L3mbonk gemZ
      Menjual Berbagai Batu-batu aceh dll, ready ton/kg/pcs/paket mix dll. Bisa Kirim Ke Berbagai Kota.
      Yang Minat Call/BB (0812 6388 9806 / 7d878b38),
      Jl. Turi, Ruko Royal Turi 12 B, Teladan - Medan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. sebagai pembeli mestinya juga harus lebih pintar, jadi tahu kalau mau dikibuli penjual.. he he.. trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Mau tanya nih Mas Galih.. Saya ada beli bbrapa batu permata yang disertai IDENTIFICATION REPORT dari GOLDEN STONE GEMS CO LTD HONGKONG.. akan tetapi setelah saya cek lewat Google tidak saya temui nama Labstones ini..
    Apakah ada juga penipuan untuk sebuah memo batu permata?? Atau ada pula kah memo ilegal ??
    makasih utk jawaban Mas Galih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tahu soal lab. tersebut, mungkin juga itu lab lokal yang kurang terkenal. Tapi untuk pastinya, lebih baik di cek ulang saja di Jakarta. Banyak yang melakukan cek ulang jadinya batu permata anda mempunyai dua sertifikat. Cek batu mulia bisa di lakukan di beberapa Lab yang sudah sangat mempunyai nama di dunia Batu Permata.
      Berikut Nama dan alamat Lab-lab itu:

      BIG LAB (Ben's International Gemological Laboratory)
      Jl.Gajah Mada No.19-26
      Jakarta Pusat (Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.11)
      Phone : (021) 63861666

      GRI (Gem Research International Lab)
      Batu Ceper IV No. 6L,Jakarta Pusat 10120
      Phone : (021)3510132 Fax: (021)3510133

      PEGADAIAN G-Lab
      Jl Kramat Raya 162 Jakarta Pusat
      Phone : (021)31555550

      AGL (Adamas Gemological Laboratory)
      Apartemen Istana Harmoni Lt. 1/2A
      Kompleks Harmoni Plaza, Jalan Suryopranoto
      Jakarta Pusat 10130, Indonesia
      Phone : 021-6305546-47

      Bapak Nugroho Trip (NU Gem Lab)
      Kompleks Pegadaian Jl. Dukuh V,
      No. 13 RT 006 RW 005
      Kp. Dukuh Kramat Jati 13550
      Phone : 081357575710

      Semoga bisa membantu. Terimakasih

      Hapus
    2. Mas november 2012 terjadi pencurian batu dikios meja yg memajang bebatuannya secara lepas dan terbuka untuk disentuh pengunjung,disini sering terjadi pengutilan batu mulia yg sy liat rata rata batu palsu.tetapi yg saya bahas disini alangkah biadabnya mereka(para pedagang) di bulan november 2012 itu tertangkap seorang pencuri atau pengutil dan mereka seluruh pedagang lantai dasar menghantam,memukuli secara tidak manusiawi pencuri tadi.Dan besok harinya diberitakan pencuri tsb tewas.Mengenaskan.........sekarang yg perlu ditanyakan apakah pengutil itu pencuri proff atau melihat kesempatan karena penataan bebatuan yg terbuka? yg jelas menurut saya sang korban adalah pencuri iseng karena melihat kesempatan terbuka.mana pula pencuri proff mengambil bebatuan yg tergelar itu yg sudah pasti sebagian banyak palsu.mudah mudahan mereka (para pedagang)
      mendapatkan balasan dari Allah.amin.

      Hapus
    3. wah, turut prihatin! semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi. Saya juga pernah melihat sendiri seorang pengutil ketahuan di tempat ini. Tapi dua orang satpam segera mengamankan pencuri itu sehingga terbebas dari amuk masa. Beberapa orang mencoba melemparkan pukulan pada pencuri itu dengan brutalnya, tapi satpam segera melarikan pencuri tersebut keluar keramaian. Kejadian itu terjadi tahun lalu sekitar bulan maret kalau ga salah

      Hapus
    4. mas jngan sok tau ya pencuri itu ga meninggal dunia malah dia mencuri lagi di tahun 2014 kemaren

      Hapus
  4. mas berapa tarif untuk membuat sertifikat batu mulia maupun akik??? sertifikat bukan memo.... terimakasih infonya,,, HP.081279718513

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga sertifikat dan memo bermacam2 tergantung Lab nya. Di GRI Gem Id mulai rp 100rb, sertifikat rp 300 an rb. Di Avianoor Jogja sertifikat rp 200rb.

      Hapus
  5. o ya 1 lagi kalo kita mau ikut kontes or lelang internasional untuk batu mulia gimana cara nya mas?? trimkasih infonya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tempat khusus lelang Internasional saya tidak tahu. Di Ebay banyak lelangan batu mulia dan mineral, coba bapak cek disana

      Hapus
  6. Mas mau nanya nih... apa perbedaan mendasar antara sertifikat dengan memo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memo biasanya cuma untuk mengetahui aja batu itu asli alami atau batu sintetis/buatan.
      Kalau sertifikat digunakan untuk menggambarkan kwalitas batu mulia itu secara standar, dalam sertifikat ada informasi tentang kejernihan batu, grading warna, treatment yang dilakukan, dll

      Hapus
  7. selamat siang

    saya mau bertanya jalan ke jakarta gems center kalau dri karawaci lwt arah mana ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh Admin kurang apal sama Jalanan di Jakarta, lebih enak naik Trans Jakarta aja, dari Harmoni Central ambil arah PGC, nanti dah langsung turun di dekat Stasiun Jatinegara, JGC di sebelah stasiun Jatinegara

      Hapus
  8. Salam kenal kepada semua pecinta gem stone,
    mau tanya saja? apakah di JGC ada tempat yang bisa melakukan fushion cut terhadap bahan" batu permata? dan bisa di tunggu? apabila ada mohon infonya.
    Karena saya pernah satu kali dikecewakan di saat saya datang untuk memoles bahan saya dan saya tertipu saat saya berada di sana di katakan bahwa batu saya hilang pada saat di poles di mana kejadian tepat di depan mata saya. Dan lewat 1 minggu saya menemukan batu saya yang hilang di perdagangkan di FB. mungkin bisa jadi bahan masukan bagi para pecinta batu yang laen untuk lebih berhati-hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli saja batunya....nanti ketahuan siapa pencurinya...selanjutnya terserah anda,,

      Hapus
    2. Harus hati-hati supaya tidak dirugikan dan merugikan orang lain

      Hapus
  9. mas, saya tertarik untuk membeli batu permata blue shaphire dan ruby di JGC rawabening, tapi karena terlalu banyaknya pedagang batu permata disana saya jadi sedikit bingung di tambah lagi untuk ruby dan blue shapire adalah batu permata kelas tinggi yang sangat mungkin sekali pedagang batu menjual dengan modus penipuan. jadi mas saya mohon rekomendasinya nih toko atau kios apa di JGC rawabening yang terpercaya menjual batu permata yang memang benar-benar asli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang kok,jgn beli yg di ambrak, beli yang di dlm etalase ky toko emas,ada beberapa toko sy liat ada sertifikatnya,nama tokonya sy lupa ada dilantai dasar dekat eskalator naik.

      Hapus
    2. Saran saya beli yang sudah sertifikat Lab ternama, setelah itu teliti ukuran/dimensi batu, berat batu, dan warnanya apakah sesuai dengan yang tertera di sertifikat. Toko-toko di JGC banyak yang bagus dan jujur. Kalau kurang percaya nanti minta garansi sama penjual uang kembali 100% kalau batu ternyata palsu/ditukar/tidak sama dengan sertifikat.
      Sertifikat ulang di Lab yang anda percaya juga bagus untuk dilakukan

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Mau tanya mas .. klo pengikat perak tp model tanam ada engga ya di JGC ..
    karna saya punya cincin batu perak rata rata model pengikat jepit .
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengikat model tanam banyak sekali mas, coba muter aja di JGC..ukuran juga sangat variatif

      Hapus
    2. Maaf mas, klo cara mendapat sertifikat untuk ke aslian batu itu dapat di peroleh dari mana? Sedangkan saya mendapatkan batu itu dari bentuk bongkahan sampai saya jdkan batu cincin?

      Hapus
  12. kalo buat dagang lg di sana jual grosiran jg ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ada beberapa tempat jual grosiran terutama untuk iket batu

      Hapus
  13. kalo grosiran batu cincin biasa itu harganya di kisaran brp yah?
    dan apakah batu cincin grosiran itu apakh sintetis atau asli yah?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk iket bisa grosiran
      Untuk batu yang kelas bawah dan sintetis juga bisa grosir, tapi untuk batu-batu dengan kwalitas bagus tidak ada yang grosir coba aja cek

      Hapus
  14. Mas JGC tutupnya sampe jam berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sore sudah pada pulang, jam 6 sudah sepi

      Hapus
  15. Mas galih boleh tnya..untuk cek batu tp yg sudah ke ikat dengan cin" dmn ya kira" yg bgus...mohon balasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lab yang masih mau kayaknya cuma ACC Gems Lab, tapi sebaiknya dilepas agar lebih akurat

      Hapus
  16. Saya mau jual batu kristal yg msh bongkahan.siapa ya..yang bisa dihubungi di rawabening tapi yang bisa dipercaya

    BalasHapus
  17. Batu kristal masih bongkahan

    BalasHapus
  18. Kalo mau cari bongkahan gratis. Di tanjung bintang lampung selatan. Masih banyak di sana.

    BalasHapus
  19. Kira2 di JGC ada yang menjual grosiran ga..kalo tahu mohon infonya dong.
    Kirim ke email saya :
    rulinurrokhim91@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grosir juga banyak disana pak, silahkan berkunjung

      Hapus
  20. Mas GAlih, saya punya batu blue safir srilangka + lab dari BIG.
    Saya mau tanya, dimanakah (di jakarta) yang melayani jasa heat treatment dan kira-kira berapa biayanya ?
    Terima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Indonesia belum ada yang melayani treatment untuk permata, paling dekat Thailand, tapi treatment kebanyakan dilakukan saat batu masih dalam bentuk rough atau bongkahan

      Hapus
  21. Mas Galih, untuk grosiran ikat akik dimana saya bisa dapat, tolong info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grosiran iket batu di Rawa bening ada mas, JGC

      Hapus
  22. Salam kenal mas Galih, saya punya collector batu yg ingin beli Batu Saphire jenis Blue Ceylon (Blue Srilanka) ukuran 5 -10 carrats yg bersertifikat.
    Karena yg saya temui kebanyakan hanya batu Blue Obsidien.
    Apakah bpk bisa bantu saya secepatnya?
    Hubungi saya secepatnya. Tx Ito 081911267400

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak pak, Bisa langsung ke JGC batunya paling komplit disana

      Hapus
  23. Jual Batu Alexandrite ASLI SERTIFIKAT (SANGAT LANGKA). DILEPAS DENGAN PENAWARAN HARGA TERTINGGI. HUB : 0838 088 53 666 atau add PIN : 26CF1820 untuk melihat batunya. Terimakasih

    BalasHapus
  24. mohon info dong bos toko penjual batu permata yg recomended.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Add aja pin saya pin:2AFF1471
      085245295500
      Lokasi di jakarta timur (Pulogadung Trade Center)
      Kalo malam bisa COD di Apartemen Gading Nias Residence
      Thanks

      Hapus
    2. Add aja pin saya pin:2AFF1471
      085245295500
      Lokasi di jakarta timur (Pulogadung Trade Center)
      Kalo malam bisa COD di Apartemen Gading Nias Residence
      Thanks

      Hapus
    3. Toko teman saya JGC kios Cari Permata, pak Jonatan. silahkan berkunjung

      Hapus
  25. Mas galih!saya mau nanya alamat agen/distributor pengikat cincin titanium ada ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu untuk alamatnya, kalau di JGC banyak mas, bisa grosir kok

      Hapus
  26. permisi numpang nanya..., mas Galih kalau iketan yang gak bisa item itu yang bagus terbuat dari apa? kalau perak kira-kira bisa item gak ya? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iketan yang ga luntur bisa pakai alloy titanium atau pakai emas. Kalau perak kena keringat kadang item, tapi bisa dibersihkan dan mengkilap lagi

      Hapus
  27. mau beli cincin di rawa bening tp melalui pembelian on line di salah satu website , menurut mas galih pembelian secara online bisa dipercaya atau tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembelian online harus hati2, cari penjual yang bener-bener penjual. Penjual online yang sudah terpercaya banyak kok, tanya ke teman2 yang sudah pernah beli online, mereka pasti punya recommended seller

      Hapus
  28. bg mohon info dan ref nya donk u/ alamat agen/distributor pengikat cincin titanium di rawa bening thanks

    BalasHapus
  29. kasi info dong dan ref nya u almat agen distributor pengikat cincin titanum lewat onlain

    BalasHapus
  30. Mas .. Saya mau nanya niih ..
    Dimana tempat membuat Emban/Ikatan batu cincin di daerah jakarta Mas ?
    SoaLnya Saya punya Batu beLum ada Ikatannya Mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Jakarta yang Handmade saya kurang tahu

      Hapus
  31. Jual grosir ikatan/cincin saja tanpa batu titanium, besi putih, perak, aloy, germanium dll. Hubungi: andalas617@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan minta alamat toko, no hp atau tolong add pin BB sy, 25CD15E8 saya ada rencana mau order, trimakasih

      Hapus
  32. bro bro minta tolong kalo ada kenalan orang yang bisa gosok cincin kabarin gue dooong, gue ada alatnya nih tinggal butuh orangnya. rencana mau bikin di Harapan Indah, Bekasi. minta tolong yah bro. email gue ke chrystofdolly@yahoo.com
    Thanks!

    BalasHapus
  33. jual batu cyclop papua ( asli dari pegunungan cyclop sentani, papua) masih bahan. minat hubungi 082298308027

    BalasHapus
  34. Saya punya mustika kelapa asli
    Mau bikin sertifikat bisa gak??
    Dan dimna tempat nya
    Mohon info nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke Lab batu aja mas, saya sudah posting banyak alamat lab batu di Blog ini, silahkan dicari

      Hapus
  35. sya mau jual bongkahan bacan doko , tapi gak tau harga perkilogramnya berapa????


    BalasHapus
  36. jika berminat hub. ke no. saya 085239531106

    BalasHapus
  37. bulu macan lumajang jember,, saya banyak barang,, minat hub 21aaacb6 /081249720222

    BalasHapus
  38. Agan-agan semua, jangan mau beli batu dari Amri Fahrizal dan teman-temannya yang tawarannya mirip. Ini orang penipu berat gan. Modusnya kita beli batu dengan transfer, trus nanti dikirim. Terjadilah transfer duit ke rekening dia atau rekening temannya. Saat diminta kirim pakai TIKI atau Pos, dia berkelit bahwa lebih cepat pakai cargo, katanya pakai Cargo Sriwijaya. Trus barangnya dapat dikirim hari itu juga/besoknya, trus si penipu ini mengirimkan scan cargo sriwijaya (si penipu punya form bekas cargo sriwijaya) dimana disitu tertulis alamat lengkap kirim (alamat kita) tapi alamat pengirim tidak ada, cuma tertulis nama dan telpon pengirim. Katanya dalam dua hari sampai. Foto batu dan barangnya juga dikirim via BBM. Pada beberapa jam setelah transfer dana, si penipu ini nelpon lagi katanya temannya mau jual murah bacan doko kristal karena ada keperluan mendesak istri mau melahirkan dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya, trus si penipu ini kasih nomer rekening lain yaitu rekening perempuan yang katanya rekening yg mau melahirkan tersebut. Setelah berselang dua hari, si penipu ini menelepon pembeli menggunakan nomer yang lain dan mengaku sebagai petugas bea cukai bandara di kota pembeli. Katanya barang yang anda beli tidak boleh dijual-belikan tanpa sertifikat dan yg dibeli tidak ada sertifikat, trus pembeli diancam pidana karena melanggar UU dan dia menawarkan jalan damai tentunya mau nipu lagi dengan minta dana transferan. Alhasil barangnya ga sampai, uangnya raib. Jadi jangan sampai hal ini menimpa agan-agan semuanya, cukup beberapa saja yang menjadi korbannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, komenya cuma nyepam dimana2 akan saya hapus semua komen spam jualan penipu seperti itu. Tolong diinfo juga ke rekan2 nomor rekeningnya, accoun dan nama bisa palsu tapi no rek tidak!

      Hapus
  39. misi agan" saya mau menawarkan batu khas nusakambangan yaitu tumpang atau sering di sebut buluhanoman atau sisik penyu dan ular tergantung motif nya.. jika minat hub. 085747712177 yg lain juga ada tanpa tipu2 daya setan . semoga berkah..

    BalasHapus
  40. salam saya dari india dan saya memasok batu di jakarta dan Singapura. jika ada yang ingin batu dari saya hubungi saya: - 0812 80556144 dan BBM: - 57AB23CC

    BalasHapus
  41. Gan bro sis.... mohon info dong kalo agen perhiasan silver dirawa bening ada ga ya? Klo ada kira kira lokasi tepatnya dmn? Thx u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak mas, masuk aja ke JGC, banyak pilihan di lantai 1 dan 2

      Hapus
    2. Habis pulang dari RB alhmdlilah ketemu grosir perak,dapat kabar dari teman klo di Rb ada tempat chrome graman tapi saya malah ketemu yang chrome satuan,mas galih tau tempat chrome yang pergram? Maaf nih banyak nanya..trims

      Hapus
    3. waduh kurang tahu mas, dimana2 saya tahunya chrome satuan, ga diitung gram

      Hapus
  42. Mau tanya tmp khusus asah batu ruby di jakarta dimana yah? Tp yg benar2 spesialist batu permata

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang tahu, setahu saya di RB bisa

      Hapus
  43. Mau tanya om galih...minta nomor hp.penggosir cincin bacan di jgc ...makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini saya kurang tahu grosiran batu bacan, soalnya batunya langka jarang yang grosiran

      Hapus
  44. Mas galih ada recomen buay bli batu blue safir. Skrng bnyk bngt pnipuan mas. Tolong di info kan mas. Saya tinggal di jakarta. Mungkin maas pnya blue safir ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak pak di Rawabening, minta yang sudah ada sertifikat atau nemo card dari lab ternama saya recomen GRI, Sky Lab, Big Lab, AGL, Avianoor Gems lab, dan IGL.. dan nanti nomor memo atau sertifikat di cek ulang di lab...minta garansi sama penjual kalau ternyata tidak cocok bisa ditukar atau kembalikan

      Hapus
  45. Mas.. tau ngga kisaran jasa cutting batu d rw bening. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya belum ada yang cutting facet batu di RB

      Hapus
    2. Mohon maaf admin ane Numpang iklan...ane ada bahan batu garnet. Masih bahan yang minat boleh cp ane 083870203679 pin bb: 5FCD3246. Bahan gak byx siapa cpt ajj ya...!!!

      Hapus
  46. mas klo mau cutting intan dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cutting intan sekarang yang bagus di Bandung, coba buka artikel saya tentang pengasahan batu mulia di Bandung

      Hapus
  47. Numpang tanya mas,kl mau jual ruby birma dgn harga bagus dimana ya saya punya sertifikat GRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tawarken ke didialam, ke beberapa konter di JGC

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...