Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Sabtu, 01 Juni 2019

Tsavorite Garnet dari Kawah Gunung Galunggung!!

Alam Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan yang mengejutkan! Salah satunya adalah batu-batu mulia yang lumayan langka di dunia. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mencari kristal-kristal batu di Gunung Galunggung Jawa Barat. Gunung Galunggung adalah gunung berapi yang masih aktif. Terakhir meletus hebat pada tahun 1982. Material erupsi yang dikeluarkan pada waktu itu cukup banyak mencapai jutaan meter kubik. Saat gunung api meletus akan mengeluarkan material-material yang berasal dari dalam perut bumi. Tentunya mineral-mineral, kristal-kristal, dan lainnya akan ikut terangkat ke permukaan bumi bersama material-material itu. Sebagai contoh Batu Intan yang tercipta didalam perut bumi dengan tekanan dan panas yang luar biasa diangkat ke permukaan bumi bersamaan dengan terangkatnya material vulkanik kepermukaan bumi. Demikian juga Kristal-kristal batu yang saya temukan di area kawah Gunung Galunggung ini, kristal-kristal itu terangkat ke permukaan bumi saat terjadinya proses erupsi gunung api. Simak video  pertama diatas, saat saya dan dua orang kawan Geologist dari Australia berkunjung sekaligus berburu batu kristal di sekitran kawah Gunung Galunggung.
Perburuan batu kristal kami saat itu menemukan beberapa kristal batu berwarna hijau, hitam, dan putih. Kristal hijau kami perkirakan adalah batu peridot, karena sangat umum batu kristal peridot itu terbentuk dan terbawa ke permukaan akibat proses erupsi gunung api. Kedua batu hitam dengan struktur kristal hexagonal, yang ini perkiraan dari kawan Geolog Australi adalah kristal spinel. Tapi menurut perkiraan saya kristal itu bisa juga sebuah kristal Garnet. Satu kristal lagi berwarna putih, perkiraan kami itu adalah kristal Quartz. Setelah saya kembali ke Jogjakarta, kristal-kristal itu saya bawa ke Lab Batu Mulia terdekat untuk melakukan identifikasi jenis batuan. Video yang kedua dibawah ini adalah proses identifikasi batu-batu kristal itu. Silahkan simak dan lihat sampai selesai, jangan lupa kasih komen dan subscribe ya!
Dari hasil identifikasi kristal-kristal batu itu, ternyata hasilnya sangat mengejutkan saya. Kristal yang berwarna hijau itu ternyata bukan Peridot, seperti perkiraan kami sebelumnya. Kristal Hijau dari Kawah gunung Galunggung itu ternyata adalah TSAVORITE GARNET!! Amazing sekali kan, ternyata Indonesia mempunyai sumber batu Tsavorite Garnet. Sedangkan kristal hitam dengan bentuk Hexagonal ternyata adalah sejenis batu Garnet juga. Jenis dan alasan komplitnya silahkan lihat Video yang kedua. Kristal yang berwarna putih, kami kira sebagai quartz, ternyata bukan. Itu adalah jenis batu kristal antik bernama Datolite. Untuk lebih jelasnya tonton video sampai habis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...