Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Selasa, 28 Juli 2015

Cara Memilih Batu Mulia untuk Berinvestasi Secara Cerdas!

trend batu mulia
Berita terbaru ini memang benar. Pertengahan 2015 ini memang dunia batu mulia sudah sangat berbeda dengan tahun lalu. Saat ini semakin banyak tukang gosok, semakin banyak bahan batu akik, dan semakin banyaknya penjual batu akik, sampai ke wilayah rt rw di kampung, membuat batu-batu akik sangat mudah dicari. Bahan baku batu akik yang kebanyakan berjenis chalcedony dan Jasper jumlahnya sangat melimpah di seluruh pelosok Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan menjadi langka juga. Akan tetapi saat ini, jumlah produksi batu akik juga semaki tinggi. Harganya juga murah-murah, mulai 20rb per biji. Bandingkan kalau harus asah sendiri, biaya gosok sekarang sekitar 25 ribu sampai 50 ribu, mendingan beli yang dah jadi gosokan mengkilap dengan harga murah.

Hukum pasar berlaku untuk semua jenis barang. Seperti halnya batu akik, semakin banyak batu akik dipasaran maka harganya juga akan menjadi lebih murah. Inilah yang membuat harga batu akik menjadi semakin murah dibanding dengan harga pada tahun 2014. Oleh karena itu, pilihlah jenis batu mulia yang benar-benar batu mulia! Batu yang tidak banyak ditemukan dengan mudah di pasaran. Pilih batu yang bagus berdasar kelangkaan akan membuat investasi batu mulia anda aman dan sangat menguntungkan. Suatu saat batu akik pun akan menjadi langka dan bernilai sangat tinggi, tapi waktunya pasti masih sangat lama.

Investasi dalam bentuk Batu Mulia memang harus teliti dan mempelari pengetahuan tentang Batu Mulia. Batu Mulia ada bermacam-macam jenis, jangan semua disamakan dan disebut sebagai batu akik. Batu Mulia ada jenis Intan, Zamrud, Safir, Ruby, Chrysoberyl, Opal, dan lain-lain sekarang batu akik juga sudah dimasukan dalam kelas Batu Mulia. Secara internasional memang batu akik yang memang berjenis chalcedon dan dan jasper tidak termasuk dalam batu mulia, melainkan batu semi-mulia. Namun, pergerakan pecinta batu nusantara sekarang memasukan batu jenis jasper dan chalcedony ke dalam golongan Batu Mulia.

Investasi batu mulia yang bagus agar tidak buntung di kemudian hari harus melihat beberapa hal, seperti; Pertama kelangkaan jenis batu, kedua keunikan batu, dan ketiga adalah minat pasar. Untuk batu jenis chalcedony dan jasper lebih baik memilih yang sangat unik seperti batu dengan motif unik, gambar yang mirip sampai 80%, jernih dan bersih tanpa cacat, dan mempunyai ukuran yang tidak biasa. Untuk Batu Mulia yang berkilau seperti jenis Intan, Zamrud, Safir, Ruby, Chrusoberyl, dan lain-lain cobalah untuk memperhatikan Carat, Clarity, Color, dan Cutting. Mulai dari Carat atau berat batu, semakin besar batu mulia maka akan semakin mahal harganya, maka cobalah untuk mencari yang paling besar yang mampu dibeli. Kemudian Clarity atau kejernihan Batu mulia, carilah yang benar2 jernih bebas serat batu dan crack, karena akan mempengaruhi keindahan dan kilau batu itu. Selanjutnya adalah Color atau warna batu, ini sangat penting sekali. Warna batu mulia adalah yang pertama kali dilihat kalau berwarna biru jangan pilih yang terlalu muda, atau telalu tua jadinya kelihatan seperti hitam, pilihlan yang pas dilihat siang dan malam sama. Terakhir adalah Cutting atau potongan batu. Untuk Batu mulia dengan potongan Facet pilihlah yang ter-facet secara sempurna, proporsional, dan rapi. Potongan batu juga mempengaruhi kilau batu itu.

Ada juga batu mulia yang tidak dinilai mutlak dari 4C diatas, sebagai contoh batu dengan fenomena star, chatoyancy (mata kucing), opalescence / iridescence (Jarong pada batu opal), dan batu Gambar. Yang termasuk dalam batu dengan fenomena adalah Ruby/Safir Star, Opal, Moonstone, Labradorite, Chrysobery cat's eye, Garnet Star, Akik Gambar, dan lain-lain. Batu-batu dengan fenomena ini dinilai 4C plus keindahan atau kuatnya fenomena pada batu itu. 

Harga batu-batu mulia dengan kriteria lolos 4C dan fenomena keistimewaan dipastikan tidak akan turun, bahkan naik terus dari tahun ke tahun. Secara singkat pilihlah jenis batu yang langka dan sempurna tanpa cacat. Orang pasti akan lebih memilih untuk membeli sesuatu yang mulus dan sempurna. Selamat berinvestasi dengan Batu Mulia!

2 komentar:

  1. Wah... Kalo bacan gimana mas? Apa harganya masih affordable?
    Bacan saya belum sempat saya jual... Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bacan merupakan salah satu fenomena yang unik, harganya gila-gilaan ga pernah turun

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...