Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Selasa, 13 Desember 2011

Peta Batu Mulia Indonesia

peta persebaran batumulia Indonesia
Peta Batu Mulia Indonesia / Gemstone Map of Indonesia

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang menakjubkan. Hasil tambang dari minyak bumi sampai kerikil bahan bangunan dapat ditemukan di berbagai tempat di Zamrud Katulistiwa ini. Terletak di 'Ring of Fire', pulau-pulau Indonesia menjadi sumber berbagai macam mineral berharga. Batu mulia menjadi mineral berharga yang dapat ditemukan. Tentunya batu mulia di Indonesia belum semua terdata, bahkan sampai sekarang Indonesia belum terpetakan pada peta batu mulia dunia. Padahal, banyak sekali batu mulia asli Indonesia mempunyai kwalitas bagus dan istimewa.

Salah satu wilayah istimewa di Jawa Barat menghasilkan batu Opal yang sangat indah. Wilayah itu adalah Banten. Batu gemerlap cantik ini lebih terkenal dengan sebutan Opal Kalimaya Banten. Penambangan di aliran Sungai Maja secara tradisional oleh penduduk lokal. Begini lebih bagus daripada diexplorasi oleh perusahaan asing. Jawa Barat juga terkenal akan Akik Garutnya dan beberapa produk batu chrysophase  atau Garut Hijau yang cukup terkenal. Sukabumi menjadi penghasil batu-batu akik cantik, memperkaya produk batu mulia Indonesia.

Ke arah timur, mulai dari Gunung Kidul Wonosari sampai Pacitan terdapat berbagai macam batu agate dengan kwalitas bagus. Berbagai macam Crystal alami ditemukan di berbagai tempat disini. Review tentang batu mulia pacitan bisa dibaca pada artikel 'Batu Akik Batu Mulia Pacitan, Potensi Daerah Terpencil Yang Hampir Terlupakan'.

Daerah Sumatera, daerah yang belum terjamah ternyata mempunyai jenis Batu Giok  atau Jade yang sangat menawan. Terkenal dengan nama Sungai Dare, Giok Sumatera ini menjadi favorit para pecinta batu di Indonesia. Banyak sekali permintaan batu cantik ini di pasaran Jogjakarta dan sekitarnya.

Kepulauan Maluku, Halmahera terdapat jenis batu istimewa dengan harga lumayan tinggi di pasaran Batu Mulia Indonesia. Batu tersebut bernama Bacan, kebanyakan berwana hijau mengkilat. Batu ini juga sangat diminati oleh pecinta batu. Penambangan yang sulit membuat batu Bacan menjadi salah satu batu mulia langka dan mahal.

Kalimantan merupakan pulau terbesar wilayah Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar batu. Salah satu batu mulia berharga dari daerah ini adalah Intan di Martapura. Pulau Borneo juga terkenal akan batu Amethyst-nya, biasa disebut sebagai batu kecubung. Berbagai macam batu kecubung ditemukan di Borneo, mulai dari kecubung ungu, kopi, sampai kecubung teh

Masih terdapat banyak daerah di Indonesia yang mempunyai komoditi batu mulia. Daerah-daerah itu belum tersentuh, dan pasti ada jenis-jenis batu mulia yang belum sempat teridentifikasi. 

24 komentar:

  1. Have a great weekend ahead my friend, take care....

    BalasHapus
  2. Green of indonesia, spt Batu bacan, hijau Garut serta sungai dareh. adlh bebatuan yg nilai komersialya tinggi.. serta kualitas, dan kekerasan serta kilau dr batu tersebut begitu menawan, hingga terperangah di seluruh kalangan colektor n hobies, Mutu berstandart international..Dan Aku pun jg sangat kagum akan bebatuan Tersebut. buruan deh bangga loh akan Tambang batu dr Negeri Indonesia.tlh banyak colektor Dunia berburu Batu hijau Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bung! tempat kita masih banyak batu yang belum ter-explore! itu merupakan harta karun Bangsa yang tidak ternilai

      Hapus
    2. Betul sekali Mas Galih, tapi sayang harta karun yang tidak ternilai tersebut banyak diekspor mentah tanpa nilai yang berarti. Semoga pemerintah mempunyai perhatian khusus dalam menangani masalah ini.

      Salam cinta batumulia Indonesia,
      Sujatmiko
      www.gemafia.co.id/ www.batumuliaindonesia.blogspot.com

      Hapus
  3. izin share,,,sedikit nambahin om siapa tau berguna,, di sumatra tepatnya daerah baturaja terdapat batu yang terkenal dengan nama spritus baturaja/biru langit..selain itu terdapat juga batu yang berwarna purple,kuning dll yang kualitas tinggi kadang2 disebut safir indonesia. thx all infonya om galih salam kenal dari saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih infonya..salam kenal juga..nambah satu lagi informasi berharga..kalau saya dapat baturaja segera saya buat postingan batu tersebut

      Hapus
  4. izin copas om galih salam kenal dari saya pemain baru biar berkah om......thnks https://www.facebook.com/kobacin

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya om galih saya masih awam kalu ada kesulitan bisakah saya bertanya pada om galih?

      Hapus
    2. Silahkan, untuk kopas harus disertai kredit penulis ya biar sama2 enak.

      Hapus
    3. silahkan mas, kalau saya bisa bantu, dengan senang hati saya bantu

      Hapus
  5. Mas, bs minta info utk tempat pembelian bahan garut ijo di daerah asalnya kira2 dimananya ya?

    Kebetulan sy mau coba main di batuan nih ;)

    Thx...

    Salam www.jasatokoonline.co.id

    BalasHapus
  6. artikel sangat menarik ya , semoga batu mulia indonesia segera mendunia .. baca juga temuan batu mulia dari kebumen disini > www.natural-batu.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Kecubung Bungur Tanjung Bintang belum ada tuh...

    BalasHapus
  8. Daerah..sumedang masih misterius....

    BalasHapus
  9. Daerah medan khususnya juga memiliki batu yang unik, tepatnya kearah derah pegunungan yang dekat dengan aliran sungai nya juga daerah sekitaran danau toba, belum sama sekali terxplorasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, Sumatra kaya akan mineral, semoga cepat terexplore

      Hapus
  10. Kalimantan memang rajanya batu mulia sampai dengan batu barapun yang terbanyak dan terbesar ada disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIap, Kalimantan sumber Batu Mulia Indonesia, Intan yang jelas sudah ada sejak dulu di Kalimantan

      Hapus
  11. Kalimantan memang rajanya batu mulia sampai dengan batu barapun yang terbanyak dan terbesar ada disana..

    BalasHapus
  12. Mas Galih bisa ekspor kalimaya ke eropa gak ya? Gimana ijinnya klo lebih dari 100kg :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ngerti tentang expor saya, kalimaya dari luar lebih banyak

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...