Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Jumat, 09 Desember 2011

Batu Akik Batu Mulia Pacitan, Potensi Daerah Terpencil Yang Hampir Terlupakan

kerajinan batu akik pacitan
Salah satu nama daerah yang pasti akan terngiang oleh para pecinta batu mulia  di Jogjakarta mungkin juga di Indonesia ketika menyebut kata "akik" adalah Pacitan. Sebuah kabupaten yang memiliki kontur tanah bergunung-gunung. Daerah penghasil Batu mulia ini juga merupakan tempat kelahiran Presiden SBY. Ketika saya memasuki perbatasan antara Wonogiri dan Pacitan, saya melihat poster baliho besar sekali dengan foto Bapak Presiden  SBY , berbunyi "selamat datang di tempat kelahiran SBY" kurang lebih seperti itulah. Namun, kebesaran nama SBY tidak mampu membawa kesejahteraan para pengrajin batu akik di daerah ini. Saya bertemu dan sedikit ngobrol dengan beberapa pengrajin batu akik dari daerah Donorejo, Pacitan. Yang saya dengar, kebesaran nama batu akik Pacitan ternyata sudah hampir menjadi sejarah. Dulu mulai dari tahun 60-an banyak yang menggantungkan hidup pada hasil produksi batu akik, tapi sekarang tinggal segelintir orang yang masih bertahan.
batu akik pacitan
Daerah Perbukitan Pacitan tidak cuma menghasilkan batu akik atau nama kerennya agate, tapi juga terdapat banyak sekali mineral berharga lainnya antara lain Crystal Quartz (seperti gambar diatas). Banyak juga fosil kayu yang pastinya berumur jutaan tahun tersebar di berbagi tempat di Pacitan. Penduduk lokal daerah pegunungan kadang juga menemukan artefak-artefak jaman purba seperti kapak perimbas, mata panah, dll. Membuktikan bahwa daerah ini telah ditempati oleh manusia beratus tahun yang lalu.
kerajinan batu akik pacitan
Daerah pegunungan dan sungai di perbukitan Pacitan merupakan sumber berbagai jenis batu Agate seperti chalcedony, onyx, sardonyx, jasper, carnelian, dll. Para kolektor batu banyak yang mengincar batu agate gambar dengan kualitas bagus dari para pengrajin batu akik Pacitan. Batu natural Crystal dari daerah ini juga lumayan besar-besar dan bening.
kerajinan batu akik pacitan
Salah satu ciri khas dusun Donorejo adalah nama jalan yang unik. Setiap gang di dusun itu dinamai dengan nama jenis batu mulia kelas dunia. Walaupun batu-batu mulia seperti Emerald, Turqoise, atau Safir tidak ditemukan di daerah ini. Yang tidak saya temukan adalah nama Akik, mungkin mereka lupa menamai salah satu gang sesuai produksi utama mereka.


Peralatan asah batu di dusun ini lumayan lengkap (lebih lengkap dari bengkel di Jogja). Saya datang ke beberapa bengkel, kebanyakan mereka mempunyai pemotong batu yang lumayan besar, mampu memotong batu keras dengan sempurna. Hasil asahan batu akik di dusun ini pun luar biasa halus dan mantap. Namun sayang, kendala pemasaran dan promosi sungguh minim!
kerajinan batu akik pacitan

pengrajin batu akik pacitan
Dulu pemerintah daerah Pacitan membentuk sebuah wadah perkumpulan perajin batu akik, namanya UBIBAM (Unit Bina Industri Batu Mulia). Sekarang sepertinya sudah bubar atau sekarat. Saya telusur dengan bertanya ke beberapa pengrajin ternyata memang sudah sekarat. Perkumpulan itu harusnya menjadi wadah dari pemerintah untuk membantu para pengrajin memajukan usahanya, tapi ternyata para pengrajin akik di Donorejo merasa tidak diperhatikan dan dibantu.


Mengingat potensi yang begitu bagus dari daerah ini, sudah sewajarnya pemerintah membantu memajukan usaha rakyat ini. Tapi apa mau dikata, selama pemerintahan belum bersih dari Kolusi, Korupsi, dan Nepostisme rakyat kecil hanya menjadi tumbal kekuasan saja ( weh kok malah ke politik ni!!). Semoga Indonesia sembuh dari penyakin kronis ini!! Cintailah Produk-Produk Indonesia!! (kecuali produk Korupsi, Kolusi, nepostisme, dll ya!! MANTAP)

13 komentar:

  1. Dear Mas Galih Jati,

    Membaca blog anda saya terpanggil untuk membantu memasarkan produk batu dari pacitan, saya selama ini export furniture ke beberapa negara. Mohon kasih nomor hp anda atau pengrajin yang mebutuhkan bantuan pengembangan pasar.

    ini no hp saya: 082133681802 ato 087831720222

    email saya: panglimam@yahoo.com

    Salam

    Fariz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Boss, semoga menjadi berkah bagi semua..terimakasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Trimakasih sudah berkunjung Boss

      Hapus
  3. klo pemerintah gk ada yg perduli dgn keindahan negerinya sendiri bgmn dgn kesehjateraan rakyat nya? indonesia yg indah ini hanya jadi papan catur politik yg menjanjikan..well kmn pejabat yg dlu kampanye cetar membahana so sweet...hee..ee..e

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemerintah memang tidak peduli..sudah nyaman duduk diatas makannya lupa lihat kebawah. Tugas mereka kan seharusnya melayani masyarakat, tapi kenyataanya kok malah minta dilayani, manja2 lagi..prihatin-prihatin!!

      Hapus
  4. Assalamualaikum, mas apakah saya boleh meminta contact person dari penjual batu alam pacitan?
    Saya ada kegiatan bikin perhiasan kalung batu alam sbg hobby, barangkali saya bisa menggunakan batu alam pacitan.
    Nm saya 085669850000
    Email :gita_rehuellah@yahoo.com
    salam,
    Gita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, untuk kontak pengrajin batu pacitan saya tidak ada..langsung aja ke sana untuk memesan batu. Besok kalau sy mampir Pacitan lagi akan saya tanyakan

      Hapus
  5. mas jati, klaw ngambil borongan berapa harga?. tq
    email: julianto_sintang@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Borongan batu bisa langsung ke Pacitan, harga lebih murah

      Hapus
  6. boleh tau pacitanya mn mas soalya saya jg pacitan barang kali saya jg membutuhkan n bsa bantu memasarkan krna saya jg hobby dg kerajinan email primaandara6@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pacitannya daerah Donorejo, kalau dari kota Pacitan arah ke wonosari

      Hapus
  7. Pacitan is the best,kapan bisa maen kesana.
    saya pencinta batu mas,bisa kasih spesifikasiya harga rata2 batu mulia di sana mas.

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...