Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Jumat, 28 Oktober 2011

Warna - Warni Gemerlap Batu Sapphire / Safir, Keindahan Batu Mulia Safir

blue safir
Blue Sapphire Corundum
Batu mulia Sapphire atau Safir memang tak ada kata habis dan bosan saat membicarakanya. Batu dari keluarga Corundum ini mempunyai daya pikat yang sangat istimewa. Banyak pedagang batu menyodorkan batu cantik ini sebagai dagangan paling utama, batu safir pasti cepat laku dengan keuntungan yang lumayan. Kekerasan batu Corundum temasuk tinggi, mencapai 9 scala moch, satu digit dibawah batu intan atau diamond. Inilah yang membuat batu ini begitu berkilau dan cantik.
orange safir
Orange Sapphire / Padparadscha
Mendengar kata sapphire pastilah orang memikirkan batu mengkilap berwarna biru. Itulah yang populer di masyarakat. Seperti para pecinta batu ketahui, batu safir tidak hanya berwarna biru. Ada  bermacam-macam warna batu safir, mulai dari biru, oranye, hitam, hijau, putih, pink, dan kuning. Namun, warna biru dan orange atau biasa disebut 'Padparadscha' menjadi yang ter favorit diantara warna-warna lainnya.

orange safir
Orange sapphire / Padparadscha
Batu safir banyak ditemukan di Srilanka, Burma, India, Australia, Thailand, Nigeria, USA, Kamboja, dan beberapa negara di Asia tenggara. Akan tetapi, sapphire dengan kualitas wahidnya yang mendunia hanya ditemukan daerah Srilanka. India, dan Burma (Myanmar). Salah satu jenis safir asal Srilanka dan Burma yang sangat diminati adalah Royal Blue Safir dengan warna biru seperti rokok Bentoel bening dan berkilau!! Tentu saja harganya sangat fantastis untuk batu Blue Sapphire dengan kwalitas kejernihan warna biru seperti itu.
yellow safir
Yellow Sapphire
Yellow Sapphire
Fancy Sapphire
Asterism atau star, kalau orang jawa nyebutnya "nyeter" juga muncul pada beberapa jenis batu Sapphire. Yang paling mahal dan banyak di cari adalah Blue Star Sapphire (lagi-lagi biru!!?) 6 Star muncul saat batu terkena sinar ini terjadi karena adanya "rutile inclusions" atau serat-serat seperti jarum Back Safir star banyak beredar dan diburu di Indonesia, terutama yang mempunyai star kuning keemasan, "Golden Black Star Sapphire".
Grey Star Sapphire
black star safir
Black Star Sapphire
Blue Star Sapphire
milky safir star
Grey Star Sapphire
safir ceylon
Blue Ceylon Sapphire
blue safir
Dark Blue Sapphire
white safir
Colorless White Sapphire
Padparadscha Sapphire, safir dengan warna Pinkish Orange, menjadi salah satu jenis batu safir yang langka. Sebenarnya tidak semua safir berwarna orange bisa disebut sebagai 'Padparadscha' tapi pasar sudah memberikan namanya. Nama 'Padparadscha' diberikan secara khusus karena istimewanya jenis safir ini, berasal dari bahasa Sinhalese yang berarti "Bunga Lotus yang sedang Mekar" 

4 komentar:

  1. Mana yang bener nee boss? di web http://www.ruby-sapphire.com/r-s-bk-prices.htm tertulis safir star adalah kelas terendah / nilai jual yang rendah.. sementara boss mengatakan lain
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau disana murah beli aja, kan di Indonesia bisa di jual mahal..he he... gini penjelasannya safir star harga beranaka ragam tergantung kwalitas batu dan starnya, kalau tajam dengan warna biru bagus harganya pasti mahal, black star sapphire dengan star warna kuning keemasan bila di sandingkan dengan blue safir dengan ukuran sama harganya bisa lebih mahal, coba cek pasaran di Indonesia

      Hapus
  2. Salam,mas saya punya batu safir peninggalan nenek saya,kata bapak saya nenek saya dapatnya di mekah,tapi ketika saya tanya sama penjual batu katanya ni batu king blue safir ini tidak asli katanya ini sintetis tapi kalau saya baca di artikel mas dan saya tes pas kaya asli mas,mohon pengarahannya.terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Klo safir yg warna violet star putih/perak .apakah itu bagus ?apakah harganya mahal?mhn penjelasannya bos

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...