Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Senin, 19 Februari 2018

Ayo Berburu Kristal dan Batumulia di Gunung Kidul!!

kristal Kalsit
Kristal Kalsit
Alam Indonesia kaya akan berbagai jenis batu kristal dan batu mulia. Kita harus cukup jeli untuk menemukannya. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman ketika mencari kristal dan batu mulia di daerah Kars Gunung Kidul.

Sedikit ber-geologi, di daerah ini banyak ditemukan perbukitan batu gamping. Hal ini terjadi karena, kawasan Kars Gunung Kidul berjuta tahun yang lalu merupakan daerah pengangkatan dasar laut oleh kekuatan tektonik lempeng Bumi. Oleh karena itu, disini banyk juga ditemukan fosil-fosil hewan laut. Batu Gamping itu sendiri tersusun dari pengendapan sedimen organik yang berasal dari hewan laut seperti cangkang, karang, alga, dll sehingga batu gamping mempunyai susunan kimia CaCO3 atau Kalsium Karbonat atau Calcite. Hewan-hewan laut itulah yang sumber utama mineral kalsium pada batu gamping. 
Berdasar dari dongeng geologi yang baru saya utarakan diatas (kalau bahasa geologi saya belepotan mohon maaf ya, maklum cuma lulusan sekolah akik perko) maka saya beranikan diri untuk mencari kristal-kristal Kalsit di daerah ini. Dan ternyata saya dapat menemukan sendiri kristal-kristal kalsit itu! Lebih lengkapnya simak video dibawah ini!


Di Jogja selatan daerah Parangtritis sampai ke Pacitan memang banyak ditemukan Kristal Kalsit. Untuk orang awam memang tidak pernah memperhatikan, kebanyakan tidak tahu tahu tentang kristal itu. Namun bagu seorang pecinta batu mulia, ketika melihat susunan kristal di alam dia akan segera konsentrasi dan fokus akan apa yang dilihatnya. Orang lokal menyebut kristal ini sebagai "Batu Lintang" Lintang adalah bintang, jadi itu adalah Batu Bintang. Susunan Kristal cukup menarik untuk dijadikan pajangan di ruang tamu. Namun, Kristal Kalsit hanya mempunyai kekerasan 3 dalam skala mohs, jadi sangat lunak sekali. Batu Kristal ini bisa diasah juga, namun tidak bisa dijadikan perhiasan karena terlalu lunak dan mudah hancur. 

Kawan-kawan pemburu Kristal dan Batumulia berkunjung ke Jogja silahkan kontak saya, kalau saya pas tidak ada kerjaan dan acara, kita bisa hunting Batu Mulia dan Kristal bersama-sama di Kawasan Kars ini!!

4 komentar:

  1. Bang bisakah saya pesen batu kalsitnya. Kemarin saya ke pantai Baron dan secara tidak sengaja melihat batu kalsit. Tapi saya tidak bisa mengambilnya karena menempel keras di batu kapur. Namun sayang karena terlalu lunak saya getok pke batu mlh pd hancur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ga boleh ditambang Bang, kalau mau ambil aja yang kecil2 pada jatuh. cari pasti ada

      Hapus
  2. Bisa minta kontak wa nya bang?mau tanya sputar batu lintang

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...