Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Selasa, 12 Juni 2012

Batu Bulu Macan yang Memukau Hati

batu bulu macan
Bulu Macan
Batu yang satu ini memang istimewa, sebutan paling terkenal adalah Batu Bulu Macan, karena mempunyai fenomena serabut-serabut halus yang timbul dan tenggelam saat terkena cahaya. Serabut-serabut itu tampak seperti bulu macan yang menggemaskan. Oleh karena itu, batu cantik yang satu ini banyak disebut sebagai batu Bulu Macan. Di beberapa kota, batu ini juga disebut sebagai batu "bulu monyet".
natural akik bulu macan
Bulu Macan
Batu yang mengeluarkan warna seperti bulu macan ini mempunyai harga yang lumayan tinggi. Faktor kelangkaan batu jenis ini menjadi salah satu penyebabnya. Batu ini lumayan banyak dicari para kolektor dan penghobi batu mulia, terutama yang mempunyai ukuran besar dan bulu yang "gondrong". Batu Bulu Macan dengan ukuran sekitar 2 cm panjang lebar 1 cm tebal 1 cm bila mempunyai bulu penuh diseluruh badan harganya bisa tembus diatas 1 juta rupiah. 
batu alami bulu macan
Bulu Macan
Jenis batu Bulu Macan penulis masih agak ragu sebab belum pernah mengirim batu ini ke Lab. Batu Mulia. Beberapa teman di Jogjakarta menyatakan batu Bulu Macan ini adalah batu Black Onyx. Ada seorang teman pengasah batu mulia di Jogjakarta ketika menggosok batu Onyx hitam dia mendapati salah satu batu yang diasahnya keluar efek-efek bulu halus seperti yang terdapat pada batu Bulu Macan. Alhasil, dia menjual batu Onyx hitam itu sebagai batu Bulu Macan, dan memang batu itu adalah Bulu Macan. Tapi untuk pastinya besok penulis akan coba membuat memo laboratorium untuk batu ini.
Batu Bulu Macan
Batu Bulu Macan dengan ukuran besar dan "rambut gondrong" memang manjadi salah satu primadona di pasar batu mulia Indonesia. Harga yang lumayan tinggi malah semakin membuat batu ini diburu. Sebagai bukti, batu Bulu Macan di toko www.batumuliacrstal.com selalu habis terjual dengan cepat dan permintaan akan batu tersebut ada terus setiap minggu. 

28 komentar:

  1. http://jam-dan-perhiasan.tokobagus.com/batu-permata/batu-bulu-macan-17045782.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah malah dodolan pakde! komen yang bagus dong!

      Hapus
  2. Memang mantab bgt nie batu, nyarinya susahnya amit2, adapun harganya muahalnya minta ampun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu banyak sekarang susah, ada yang nimbun batu bulu macan kali ya?

      Hapus
  3. bulu macannya bagus brow...cuma aku pernah liat bulu macan tampak cuma ujung bulu aja...apa dikategorikan bulu macan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Bos, itu namanya bulu macan botak, kalau yg bulunya lebat..bulu macan gondrong! he he

      Hapus
  4. kalo saya sering baca dan dengar pasti di hubungkan dgn mistik makanya harganya mahal, mungkin batu akik biasa tapi karna proses alam jadi spt bulu macan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya karena batu ini langka, ada juga yang menghubungkan dengan mistik seperti kata bapak

      Hapus
  5. saya punya batu bulu macan gondrong lebat.. ada yg minat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahkan, moga cepat termaharkan. Terimakasih

      Hapus
  6. saya py bulu macan..tapi bulunya timbul dan jelas berserat.apa msk bulu mcn ya...

    BalasHapus
  7. bulu macan sama bulu monyet sama atau tidak ya mas, teman-teman saya sering menyebutkan klo batu jenis itu batu bulu monyet...trimakasih mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulu macan sama bulu monyet kalau di Jogja beda, bulu monyet serabutnya kecil2 beraturan, kalau bulu macan lebih besar tidak beraturan. Kadang teman dari jatim bilang bulu macan sama dengan bulu monyet

      Hapus
  8. mas gali klo batu bulu macan klo di senter tembus pa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan batu Bulu Macan kalau disenter tidak tembus, tapi ada beberapa yang tembus

      Hapus
  9. Saya ada batu bulu macan asli dr pengrajin lumajang.stokx terbtas sih...

    BalasHapus
  10. bulu macan asli indonesiaapa termasuk jenis seraphinite ato bukan...soalnya kekerasan batunya lebih rendah dari kalimaya...mohon pencerahanya master gali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas rizal, bulu macan ato bulu monyet sejenis dengan seraphinite..... murmer kalo dapetnya dari luar negeri

      Hapus
    2. Teka teki batu Bulu Macan sudah terpecahkan, batu bulu macan bukanlah seraphinite, rekan2 Gemolog dari GRI telah meneliti batu ini, ternyata Bulu Macan adalah natural Basaltic Glass..untuk lebih detainya bisa kunjungi blog gemolog GRI Lab Jakarta mas Jesse Taslim http://jesse-taslim.com/2014/08/24/teka-teki-batu-bulu-macan-dan-bulu-monyet/

      Hapus
  11. salam kenal gan... saya ada bahan baku bulu monyet/macan batu hitam bulu silver, mungkin bisa dapat bocoran buyer bagus gan.... lokasi saya di cianjur

    BalasHapus
  12. maaf lupa gan, ini kontak saya
    0856 5946 7174
    BB : 7CDAFB54

    BalasHapus
  13. saya juga ada bulu macan asal kalimantan, hub saya 085210109908

    BalasHapus
  14. Wah aku jadi jegi nih mlm tadi aku ditawarin seharga 200 ribu ukrn kira2 1.5x1 bulu terlihat dari satu sisi ke atas piye mas..

    BalasHapus
  15. Mas Galih saya punya batu warna hitam ttp kalau kena sinar matahari baru kelihatan bulunya, apa itu termasuk batu bulu macan? terima kasih

    BalasHapus

  16. salam kenal dari kami ...
    batu permatanya sangat bagus
    Saya benar- benar tertarik dengan koleksinya. Mungkin agan juga pernah mendengar


    TOA Jogja,
    TOA Jogja
    Sirine, dan
    Batu Permata

    Thanks agan sudah berbagi

    BalasHapus
  17. Saya punya akik motif bulu tapi saya googling gak pernah nemu jenis bulu apa ini.....
    Mungkin ada yg bisa bantu
    Trimakasih sebelumnya
    https://m.youtube.com/watch?v=21A6cSC2WGk

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...