Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Senin, 17 Desember 2012

Batu Black Obsidian dari Garut, Papandayan

obsidian
Ini adalah batu Obsidian hitam yang terdapat disekitaran kawah gunung Papandayan. Sebenarnya batu ini banyak tersebar di beberapa aliran sungai sekitar Gunung Papandayan. Sayangnya, para penduduk setempat kurang mengetahui soal batu ini, sehingga kurang mampu memaksimalkan sumber daya alam yang mereka miliki.
black obsidian
Batu Obsidian sebenarnya hanyalah kaca alami dengan kekerasan tidak lebih dari 6 skala moh. Obsidian terbentuk dari lava gunung berapi yang mendingin secara cepat, sehingga batu ini banyak ditemukan disekitaran gunung berapi. Warna batu obsidian bermacam-macam mulai dari hitam, hijau, biru, coklat, sampai warna merah yang lumayan langka. Sejak jaman pra-sejarah obsidian telah digunakan untuk berbagai keperluan. Kebanyakan batu ini digunakan untuk membuat senjata seperti mata panah dan pisau belah. Banyak juga yang membuat perhiasan sederhana dari batu mengkilap ini.
obsidian

black obsidian
Setelah diasah menjadi mata cincin, batu Obsidian akan tampak cantik sekali seperti batu permata yang harganya ratusan juta. Warna hijau, merah, dan biru kebanyakan diasah facet, untuk mengeluarkan keindahannya. Tapi saat pemakaian harus sangat hati-hati karena kekerasan batu ini dibawah 6 skala moh. Batu Obsidian akan mudah tergores dan pecah apabila terkena benturan. Untuk mendapatkan batu obsidian seperti ini, sekedar untuk koleksi dan keperluan lain, silahkan kunjungi toko batumuliacrystal.com.

11 komentar:

  1. Harga batunya disini Boss, silahkan kunjungi batumuliacrystal.com

    BalasHapus
  2. Mau tanya mas galih..Kalau di cek dari diamond tester,angkanya kurang dari 5 apakah itu batu alami atau sintetis??

    Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu sintetis, kabnayak batu sintetis malah keras2 melebihi 8. Mungkin itu obsidian atau mineral batu lainnya. Diamond tester tidak bisa digunakan untuk cek alami atau buatan

      Hapus
  3. baca juga di link http://akik-kamsa.blogspot.com/2015/05/akik-bergambar-bunda-maria-di-bogor.html

    BalasHapus
  4. saya mau membeli bongkahan batu obsidian, mohon petunjuknya, nuhun

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...