Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Rabu, 18 April 2012

Fenomena nye-Star "Asterism" pada Batu Mulia dan Batu Sintetis Kwalitas Wahid yang Menipu mata

ruby star
Ruby Star Afrika
Jangan sampai anda tertipu dengan kilau batu-batu yang beredar dipasaran. Banyak para pedagang batu mulia nakal menawarkan batu cantik berkilau bagus berharga terjangkau. Mereka bilang itu batu, dan kebanyakan orang yang belum ngerti benar tentang batu pasti akan percaya. Ada beberapa batu sintesis buatan dengan kwalitas bagus seperti batu aslinya, batu-batu sintesis tersebut adala American Star, Ruby Merah Siem, King Safir, King Topaz, Zamrud Chatam, dan Cubic Zirkonia. Sudah banyak yang kena tipu dan anehnya masih ngotot aja kalau itu batu asli. Artikel kali ini akan membahas tentang batu mulia yang mempunyai efek star seperti Ruby Star dan Safir Star, juga sedikit banyak tentang penipuan oleh pedagang batu mulia nakal dengan batu sintesis American Star, Safir star sintesis, dll.
ruby daging star
Ruby Star Gondola
Fenomena Asterism atau yang lebih terkenal dengan sebutan "Nyeter" atau "Star" keluar secara alami saat batu mulia yang mempunyai efek itu terkena cahya. Asterism hanya terjadi pada batu-batu tertentu yang mempunyai inclusi jarum atau "Needle like inclusions". Jenis Batu yang mempunyai fenomena star adalah ruby, safir (6 sampai 12 star), beberapa jenis garnet (4, 6, dan 8 star), quartz (6 dan 12 star), dan spinel (4 dan 6 star). Harga batu ruby dan safir dengan clarity bagus dan star tajam pastilah sangat mahal sekali. Faktor kelangkaanlah yang membuat batu itu berharga sangat fantastis. Sebuah safir star dengan ukuran 10mm x 8mm x 7mm dengan warna biru, clarity NI bisa terjual dengan harga lebih dari Rp. 50 juta.  
black safir star
Black Safir Star
Oleh karena itu, jangan sampai anda tergiur dengan batu ruby atau safir star ukuran besar lebih dari 1 cm dan warna bagus dengan harga dibawah Rp. 500.000,-, jangan-jangan batu yang ditawarkan itu cuma batu american star atau safir star sintetis. Banyak orang yang datang ke rumah atau ke bengkel di jogja bertanya tentang batu yang telah mereka beli. Kebanyakan memang belum mengerti benar tentang batu mulia sehingga mereka menjadi bulan-bulanan para pedagang batu nakal. Kebanyakan para pemula akan memilih batu yang berkilau dan sempurna dengan harga murah seperti merah siem, american star, ada juga kecubung star, dan safir star sintetis. Pertama-tama mereka sangat puas dengan apa yang mereka beli, tapi saat rasa bosan sudah datang, mereka biasanya ingin ganti batu dengan menjual atau tukar tambah batu sintetis itu kepada pedagang lain. Disitulah kebenaran biasanya terkuak. Pedagang batu mulia pasti tidak akan mau membayar harga Rp. 150.000,- untuk sebuah american star atau merah siem. Batu murah dengan kwalitas bagus perlu dipertanyakan, mungkin juga asli karena yang punya lagi butuh uang. Namun agar anda tidak tertipu lebih baiknya ditanyakan dulu pada seorang gemologist profesional yang berkompeten dan mempunyai keahlian untuk membedakan batu asli natural dan palsu buatan. Batu mulia dengan harga mahal harus anda cek lagi walaupun sudah ada sertifikat keaslian, jaman sekarang apa yang tidak bisa terjadi. Mungkin batu sudah ditukar dengan spesifikasi sama seperti pada sertifikat. Berhati-hatilah agar anda puas atas batu mulia yang telah anda beli.

42 komentar:

  1. paling paling lo juga nipu mas

    BalasHapus
  2. Saya berusaha sejujur mungkin mas Iqbal, kalau tidak sesuai bisa dikembalikan, alamat saya komplit sesuai KTP, monggo saya tunggu di Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beli ruby star, dengan harga tak terlalu mahal. gak sampai juta juta, dan saya percaya itu asli, karena bersertifikat.

      Hapus
    2. kwalitasnya dulu kaya apa Boss, kalau biasa ya lumrah 100rb dapat

      Hapus
    3. tergantung sertifikanya juga yang mengeluarkannya siapa. jika lab besar/terkenal dan diakui internasional maka sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya.
      banyak pecinta batu awam yang berani membeli batu dengan harga yang lebih mahal karena embel-embel memo/sertifikat. padahal yang disertifikatkan hanyalah keaslian batu dan dimensinya saja. sedangkan yang perlu diperhatikan dari sertifikat tersebut (“comment” atau “note” atau “identification” yang menyatakan kondisi apakah tidak ada treatment (UNTREATED) atau ada Treatment) sering dikosongkan oleh kebanyakan lab-lab lokal di indonesia.

      pahami dulu isi sertifikat, karena banyak orang yang akhirnya membeli permata yang berkualitas rendah, dibeli dengan harga tinggi gara-gara HANYA mempunyai sertifikat/report.

      Hapus
  3. Malam mas, aku mau tanya, Apakah bungur ber ster 6 pasti sinteticnya mas? Aku baru dpt batu ini kmarin, warnanya persis bungur kalimantan dia berster dan sperti berminyak.. tolong pencerahannya mas menurut penglaman mas slama ini..mksh mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu sintetis, mungkin rose quartz star, di cek lab aja biar pasti

      Hapus
  4. saya punya rubi kok kusem ya mas,biar kinclong bagaimana caranya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung..Ruby yang kusam dipoles lagi aja pak, polesnya harus ke bengkel batu biar bagus hasilnya

      Hapus
  5. Saya punya ruby daging ktanya klo mau tau k'aslian batu ruby salah satux tempelkn d'pipi klo asli i2 dingin ky' es tp klo palsu i2 dingin tp g' terlalu. Betul g' mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, cara tradisional sekarang sudah harus ditinggalkan. Sekarang sudah banyak referensi yang bisa dipelajari. Ciri-ciri ruby asli seperti serat, kekerasan, Karakteristik batu harus dipelajari untuk membedakan ruby asli atau bukan. Pertama jangan takut bertanya pada senior. Cara paling simple adalah dengan melihat dan memegang batu aslinya dulu supaya tahu dan sudah merasakan sendiri, nanti pasti kalau ketemu batu sejenis bisa langsung identifikasi

      Hapus
  6. mas mau tanya saya punya ruby warna merah darah tak senter didalam terdapat jaya gelembung dan juga serat halus sperti safir apakah itu tergolong asli atau bgaimana.nuwun.ananj.jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruby banyak yang ada gelembungnya, itu dikarenakan saat proses treatment glassfilled kadang ada udara yang terperangkap pada celah batu ruby yang sedang diisi dengan material asing. Ruby afrika kebanyakan sudah melalui treatment glassfilled. Batu-batu alami dengan proses treatment masih termasuk batu Natural

      Hapus
  7. mau tanya juga mas, saya punya batu ruby daging berwarna ungu, namun ketika saya senter dengn les. terdapat cahaya bintang kaki 6 , kalau boleh tahu itu jenis ruby apa ya?
    karena saat bertanya pada tukang batu, jawabannya berbeda2...
    dan itu apa termasuk ruby yg langka...

    BalasHapus
  8. ruby gondola itu apa mas, tolong dijelaskan

    BalasHapus
  9. mas gali tolong jelasin ciri delima daging y.
    thx

    BalasHapus
  10. http://www.dabatupermata.com/component/virtuemart/?category_id=501&page=shop.browse&limitstart=0&limit=100
    apakah web penjual batu tersebut terpercaya menjual batu ruby star dengan harga fantastis dgn sertifikat mas ? thx

    BalasHapus
  11. mas saya mau nanya, saya punya king safir keliatan starnya tp blm jelas cuma ada titik cahaya seperti star ,klo di jadiin dan lebih jelas starnya gimn caranya gan?

    BalasHapus
  12. tanya mas...dari gambar ruby afrika star di atas itu...tergolong asli atau imitasi yah...kalo ruby star amerika yang kayak apa ya ..makasih..

    BalasHapus
  13. Mohon informasinya...sy lg cari batu merah ruby yg sternya bintang...jika ada boleh diinfokan ke 085692997991 atau pin bb sya 7dacea77...jika harga sesuai bisa kita bicarakan lebih lnjut...terima kasih

    BalasHapus
  14. Mas saya mau tanya ni perbedaan simple nya ruby star sama anerican star apa ya
    Soal nya batu nya mirip banget

    BalasHapus
  15. Gambar2 diatas itu mnunjukan batu ruby asli ato bukan

    BalasHapus
  16. saya punya batu hijau kekuningan. kristal, ada 6 star...kira2 batu apa ya mas...

    BalasHapus
  17. kira2 brp biaya untuk cek keaslian batu dan apakah itu sudah termasuk sertifikat..???

    BalasHapus
  18. Ni saya bosen ruby star nya..warna ungu lumyan gede...asli afrika..berat 8,98 crat..1 jt ajah...089678479113...5391fe36

    BalasHapus
  19. Mas mau nanya garnet star batu natural ap sintetis?

    BalasHapus
  20. Gan klo sternya blm nyeter bgt, cara nya untuk keluarin ster gmana ya???

    BalasHapus
  21. Gan.. setau sy yg namanya american star/ruby star itu batu sintetic. Alias gk asli

    BalasHapus
  22. batu Natural atau Sintetis adalah "ASLI" karena terbuat dari bahan yang sama hanya prosesnya saja yang berbeda. sedangkan yang "PALSU" adalah yang terbuat dari bahan kaca.
    untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada link di bawah ini:

    http://3batu.com/asli-atau-palsu/

    https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=IhJCwOixHXU

    BalasHapus
  23. Memahami Batu Akik Masakan (Sintetis dan Imitasi)

    Batu SINTETIS :
    Batu Sintetis adalah duplikat dari batu natural karena memiliki komposisi kimia yang persis sama, kekerasannya juga sama persis. Perbedaannya dengan Batu Natural adalah pembuatnya. Batu Natural dibuat oleh alam dengan waktu yang sangat lama sedangkan Batu Sintetic dibuat oleh manusia di laboratorium. Laboratorium yang terkenal membuat batuan sintetis adalah CHATAM di Amerika.

    Sebagai contoh adalah batu zamrud asli yang warnanya pucat, bagian belakangnya ditempelkan dengan batu sintetis hijau tua. Cara ini menghasilkan warna batu zamrud siberia yang dikenal harganya mahal. Safir Star yang warnanya putih ditempelkan dengan batu sintetis warna merah atau biru sehingga jadilah blue safir star atau ruby star. Jika sudah dipasang Ring (iketan) tentu saja batu tersebut hampir sama tampilannya dengan yang asli dan mengecoh kita. Di Australia batu opal yang tipis ditempel dengan batuan sejenis quartz sehingga warna dan kembangnya lebih menarik, produk ini diberi nama opal doublet/triplet. Batuan yg ditempel ini biasa disebut dengan Batu Komposit.

    Cara lain pemrosesan Batu sintetis adalah mengambil bahan kimia/ mineral dari batu aslinya. Misalnya batu intan/diamond dengan struktur kimianya C (karbon), dipanaskan dalam jangka waktu tertentu dengan mesin ber-suhu 1500 degree celcius, dan dengan tekanan 10000 atm, maka akan semakin keras sampai tingkat kekerasan 10 scala mohs. Struktur kimia-nya (C/Karbon) akan sama, dan berat-nya (Carats) pun sama. Bedanya ada pada seratnya (ciri visualnya). Diamond Natural seratnya cenderung melengkung dan kemulusannya agak kurang sedangkan sedangkan yg sintetis garis seratnya cenderung lurus dan tingkat kejernihannya nyaris tanpa cacat. Contohnya adalah american star yg awalnya ingin menjiplak buatan alam yaitu ruby natural, jika didekatkan kemudian dibandingkan akan terlihat jelas perbedaan star-nya.

    Contoh nama-nama batu sintetis :
    Natural Sapphire >> King Sapphire
    Natural Ruby >> Merah Siam, American Star
    Natural Emerald >> Green Emerald
    Natural Diamond >> Cubic Zirconia, Moissanite


    Spoiler for Contoh



    Batu IMITASI :
    Kalau Batu Imitasi berbeda sama sekali dengan yang Asli (Natural), batu ini hanya tiruan saja. Misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik atau kaca. Dipasaran orang sering menyebut batu ini dengan imitasi/palsu karena memang benar 100% palsu. Dinilai dari kekerasan sampai dengan bahan kimia, struktur mineralnya sama sekali tidak sama dengan yang asli.

    Misalnya ruby yang kita kenal mengandung ALUMINIUM OXIDE (Al2O3), akan diganti dengan kaca/porselen/keramik. Pedagang yang nakal biasanya membohongi pembeli dengan menyebut ini sebagai biduri sepah, ini blue safir, padahal sejatinya hanyalah sebuah kaca/keramik saja.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus
  26. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus
  27. saya punya batu warna merah, dan starnya tergantung cahaya yg dtng, kalau 2 cahaya ada 2 star berjajar, kalau 3 ya ada 3, kalau 4 ya ada 4, dan kalau cahaya di pindah star ikut berpindah berlawanan cahaya, batu apa ya namanya ??

    BalasHapus
  28. Blog ini banyak membantu saya..terima kasih...
    Saya baru dapat blue safir 6ster dari suami :-)

    BalasHapus
  29. saya mau tanya nih, saya punya batu merah 2, semua ada starnya, dan misal ada 4 cahaya lampu starnya jadi kecil" jumlahnya 4 juga, tp kalau di lihat mata bening sekali, asli tidak ya master ?

    BalasHapus
  30. saya mau tanya nih, saya punya batu merah 2, semua ada starnya, dan misal ada 4 cahaya lampu starnya jadi kecil" jumlahnya 4 juga, tp kalau di lihat mata bening sekali, asli tidak ya master ?

    BalasHapus
  31. saya mau tanya nih, saya punya batu merah 2, semua ada starnya, dan misal ada 4 cahaya lampu starnya jadi kecil" jumlahnya 4 juga, tp kalau di lihat mata bening sekali, asli tidak ya master ?

    BalasHapus
  32. Kalau cuma dari diskripsi dan foto sangat sulit untuk identifikasi, coba langsung cek ke lab atau datang ke orang terdekat yang mengerti batu

    BalasHapus
  33. Saya punya batu berserat melingkar warna batunya kuning madu hampir mirip batu solar apa nama batu seperti ini

    BalasHapus
  34. Mas saya ada batu Kyk ruby tp blom di lab ,pernah bawa ke toko permata di cek trus di bilang ruby dan ada serat tp halus di coba gores kaca bisa dan tergores ada kotoran hitam sedikit kalo di zoom dan tembus cahaya dan bening tanpa ada gelembung yg saya binggung kok gak ada ster nya yah klo di bawa keluar ke cahaya matahari atau lampu cuma ada titik kecil ditengah dan di sekeliling batunya membentuk titik2 yg spt sudut 4 mata angin..apakah itu ruby atau bukan? Walau ada pernyataan ruby dr toko permatanya..? Mohon penjelasannya mas

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...