Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Sabtu, 13 Februari 2010

AMETHYST ATAU KECUBUNG KALIMANTAN

Batu kecubung atau amethyst dipercaya secara alami akan meningkatkan aura pesona buat pemakainya. Batu ini merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu perhiasan ini sering diberikan sebagai simbol dari ketulusan hati, rasa nyaman dan kedamaian hati. Batu kecubung atau yang terkenal dengan nama amethyst biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Variasi warna dari Kecubung adalah ungu, lilla, lembayung muda. Kualitas yang terbaik adalah yang terlihat transparan/tembus pandang. Kecubung adalah batu perhiasan yang mempunyai mempunyai skala kekerasan Mohs 7 (Termasuk Batu Mulia Tanggung). Batu kecubung atau ametist merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Kadang Kecubung berkualitas rendah yang telah melalui proses pemanasan, diakui dan dijual sebagai Citrine.


Dari berbagai sumber, kecubung ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung. Kecubung si ungu kerajaan Warna ungu adalah warna tradisi kerajaan, sehingga, batuan kecubung, si ungu kerajaan, telah digunakan dan digemari dari sejak tercatatnya ’tentang kerajaan’ pada pustaka sejarah bumi. Warna ungu di kerajaan-kerajaan, banyak diwujudkan lewat pemanfaatan batuan kecubung si ungu kerajaan, dalam berbagai desain indah serta perhiasan yang sangat indah, menjadi simbol dari kekayaan serta kekuatan monarkhi dan pengendalian hukum. Salah satu mahkota kerajaan inggris, menggunakan butir-butir batuan kecubung pilihan yang sangat indah, dan juga merupakan batu perhiasan yang sangat digemari kerajaan Mesir / Egypt. Banyak kerajaan-kerajaan dengan karya seni nya yang tinggi, menggunakan batu kecubung sebagai pilihan.

Abad sekarang ini, kecubung (amethyst) tetaplah merupakan batuan yang indah dan untunglah, cukup mudah ditemukan dengan harga terjangkau untuk dimiliki. Batuan kecubung asli, dengan berbagai variasi warna ungu (dari ungu muda hingga ungu tua), dalam berbagai variasi potongan (cutting) yang indah, atau bongkahan yang mempesona, dapat ditemukan dipasaran, untuk dimiliki atau dikagumi. Bongkah batuan kecubung yang memiliki kharisma, keindahan maupun nilai seni yang khas, banyak dimiliki oleh kolektor, penggemar, pencinta seni, maupun museum-museum yang mengkoleksi benda sejarah serta benda seni. Berkhasiat untuk pelarisan,Pengasihan, agar di senangi semua orang.













Lokasi Diketemukannya Di Indonesia banyak ditemukan di daerah kalimantan tapi juga ada di daerah daerah lain seperti jawa barat. Selain di Indonesia, ditemukan juga di Brazil, Canada, India, Russia, Madagascar, Namibia, Sri Lanka dan Amerika (Colorado, Georgia, Montana, North Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, Virginia). Cara Merawatnya Bersihkan Kecubung atau Amethyst anda di alat pembersih perhiasan ultrasonic atau dapat pula dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi sedikit sabun khusus, kemudian sikatlah perlahan dengan sikat berbulu halus. Jaga jangan sampai Amethyst anda terkena panas atau sinar matahari yang sangat terik dalam waktu lama karena warna batu akan memucat.

Kegunaannya Di Indonesia kecubung amethyst selain sebagai batu perhiasan juga sering dianggap sebagai batu yang ber tuah atau ber khasiat, contoh nya ada lah ke cubung hasian yang di percaya mempunyai khasiat untuk mendapat kan simpati dari orang lain dan juga orang menjadi tidak ingin berbuat jahat kepada si pemakai batu tersebut. Tetapi menurut kepercayaan untuk membuat batu tersebut berkhasiat, harus di olah secara alami, atau tidak menggunakan alat alat modern, seperti gerinda atau obat pemoles lainnya, umum nya mereka menggosok nya dengan menggunakan bambu ( bisa bambu hitam atau bambu biasa ), dan terkadang si pembuat juga berpuasa. Selain itu Kecubung juga digunakan untuk meningkatkan kekuatan bathin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan. Untuk orang orang tertentu di negara Eropa dan Amerika

kecubung atau Amethyst
juga merupakan simbol atau sering di gunakan sebagai hadiah perkawinan ke 4 atau ke 6.



sumber : Dari Berbagai Sumber

8 komentar:

  1. Sing jelas, akik pak BeYe mesti larang boss...hehe. Suwun Pak :)

    BalasHapus
  2. sopo ngerti malah ming imitasi!! who knows!! wak ka ka ka

    BalasHapus
  3. Aku duwe bongkahane,siapa yg mau beli?

    BalasHapus
  4. mas Eko, pundi foto ne? njenengan sade pinten?

    BalasHapus
  5. Mas aku mau nanya, batu kecubung ini ada imitasinya gak ya? Soalnya waktu itu aku beli harganya cukup murah Rp 100.000 dan kata yg jual asli kalimantan. Mohon pencerahannya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecubung ini banyak imitasinya, harga variatif mulai 50rb sampai jutaan. Untuk kepastian asli tidaknya bisa dimasukan ke lab batu

      Hapus
  6. perbedaan amathyst kalimantan dgn brazil apa ya mas galih, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  7. di aceh banyak batu seperti itu......

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...