Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Senin, 08 Juni 2009

KEUNIKAN BATU AGATE / AKIK (UNIQUE AGATE)

Batu Agate atau yang lebih banyak dikenal dengan nama akik adalah batu perhiasan yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga orang Indonesia. Begitu kita mendengar kata batu akik, bayangan kita akan tertuju pada cincin batu yang mengandung hal-hal bersifat supranatural atau mistik. Begitu juga dalam pikiran kebanyakan orang, telah tertanam bahwa pemakai batu akik hanyalah orang-orang tua yang dianggap mempunyai kekuatan supranatural atau para dukun/paranormal. Seorang dukun dalam film-film dan sinetron biasanya digambarkan berpakaian hitam, duduk dibelakang anglo kemenyan dengan cincin batu besar terpasang dijari-jarinya. Memang selama ini image batu akik terkesan menyeramkan ditelinga kita.

 Ada cerita dari masyarakat jawa bahwa rumah para makhluk halus adalah batu. Oleh karena itu, banyak juga yang percaya bahwa cincin batu akik itu ada yang menempati, entah itu jin, setan, genderuwo, atau roh-roh pelindung. Biasanya makhluk yang bersemayam dalam batu itu akan melindungi pemakainya. Sisi lainnya, banyak orang percaya dalam beberapa jenis batu akik terdapat aura yang membuat batu itu bertuah, mampu membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Maka tak heran jika seseorang rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta karena menginginkan keberuntungan yang akan muncul setelah ia memakai batu itu.

Memang, Faktanya diperlukan waktu jutaan bahkan milyaran tahun untuk membentuk mineral menjadi "sebuah batu". Dari umur terbentuknya, kita dapat membayangkan seberapa besar energi yang terkandung didalam sebuah batu.

Secara fisik, setiap batu asli dari alam memiliki pola yang unik dan warna yang bervariasi. Inilah salah satu hal yang menjadi pesona Batu Agate. Para kolektor batu mulia biasanya mencari batu agate yang mempunyai gambar, pola, atau tulisan yang unik dan indah. Batu seperti inilah yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Batu bergambar tokoh pewayangan (semar) sangat banyak dicari.
Batu dengan motif indah dan unik atau berlfalkan huruf arab “Allah” juga menjadi incaran para kolektor batu agate. Namun, untuk mendapatkan sebuah gambar yang unik dan langka pada sebuah batu, diperlukan biaya dan ketelitian yang tidak sekedarnya. Tehnik yang teliti dan kreatif juga sangat diperlukan.




Kadang sebuah material batu Agate yang dibeli dengan harga mahal setelah diproses atau diasah beberapa kali tidak menampakan motif atau gambar apapun. Setelah dapat pun kadang gambar menghilang pada proses tahap berikutnya. Kehati-hatian dan ketelitian dalam proses pengasahan sangat penting untuk mendapatkan sebuah batu agate yang benar-benar bagus.

4 komentar:

  1. hai,

    saya sedang mencari bahan penulisan tentang Agate Stone, untuk itu saya meminta ijin untuk mengcopy salah satu gambar anda di atas untuk di posting di blog saya, www.indonesia-tourism.com/blog

    link dari gambar tersebut akan dihubungkan ke blog anda.

    semoga berkenan. terimakasih

    felicity.manurung@gmail.com

    BalasHapus
  2. monggo boleh aja, silahkan. Semua foto di sini asli milik saya. nuwun

    BalasHapus
  3. Weew,,,Mantaaap..aye juga Punya Koleksi Batu Akik, Gan. Mampir2 Gan..http://henzr.blogspot.com/p/batu-akik.html, Thanks..ekekekkeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip, mantap..saya akan segera berkunjung!

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...